Home   Blog    Pengembangan Diri
Produktivitas

  Wednesday, 02 February 2022 09:50 WIB

Tips Meredakan Stres dengan Self-healing

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Self Healing

Stres wajar dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Jadi, tak perlu khawatir jika merasa stres. Stres bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti masalah pekerjaan, keluarga, kesehatan hingga keuangan. Melansir dari artikel Jillian Kubala dan Kerri-Ann Jennings di Healthline, tingkat kerentanan seseorang terhadap stres juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetika, tipe kepribadian, dukungan sosial, hingga gaya hidup. Namun, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda meredakan stres.  

Self-healing menjadi salah satu metode untuk meredakan stres dengan penyembuhan diri. Tchiki Davis di laman Berkeley Well Being menyebutkan bahwa self-healing adalah proses pemulihan diri dari kondisi kesehatan yang buruk, yang umumnya lebih condong pada kesehatan emosional, tapi tidak menutup kemungkinan disertai dengan masalah kesehatan fisik.

Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam meredakan stres, self-healing mungkin saja tidak berhasil bagi sebagian orang. Davis menyebut, tidak semua orang berhasil menerapkan metode penyembuhan ini, karena butuh motivasi, waktu, tekad yang kuat dan keterlibatan penuh. Jika Anda sedang berada dalam kondisi stres, dan membutuhkan penyembuhan diri, berikut beberapa tips meredakan stres yang bisa dipraktikkan dengan self-healing:

1. Meditasi Mindfulness

Jika Anda membayangkan self-healing itu hanya jalan-jalan atau pergi liburan, maka Anda harus mengubah persepsi. Karena, ada banyak metode penyembuhan yang bisa dilakukan. Meditasi mindfulness menjadi salah satu cara meredakan stres dengan self-healing. Penelitian dari Khoury dkk (2013), seperti yang dilansir dari laman Berkeley, menunjukkan bahwa intervensi mindfulness dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

Anda bisa mengikuti kelas meditasi mindfulness, baik secara daring maupun luring. Jika Anda sungguh-sungguh berniat untuk meredakan stres dengan penyembuhan, maka lakukan dengan rutin dan lakukan sesuai instruksi.

2. Teknik Pernapasan

Tips meredakan stres dengan self-healing  selanjutnya ialah dengan latihan pernapasan yang tepat. Teknik pernapasan ini prinsipnya mirip dengan saat berlari. Tubuh akan merasa cepat lelah jika melakukan pernapasan yang salah, karena respons simpatik dari tubuh. Dan, untuk menenangkan respons tersebut, Anda harus mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, salah satunya dengan mengatur pernapasan.

Sama seperti halnya saat merasa stres, respons simpatik juga akan menegang dan butuh peran dari sistem saraf parasimpatis. Davis dalam artikelnya menyebutkan untuk melakukan pernapasan lambat dan menarik napas dalam-dalam, dua hingga empat kali tarikan napas dalam satu menit. Setelah itu dilanjutkan dengan pernapasan cepat, sekitar 30 tarikan napas dalam satu menit, lalu hembuskan.

3. Istirahat Cukup dengan Tidur Lebih Banyak

Ada sebagian orang yang memilih tidur jika merasa stres. Pilihan ini tepat, karena tidur termasuk dalam metode self-healing yang mudah untuk dilakukan. Terlebih, jika Anda merasa stres dan membuat siklus tidur menjadi kacau. Istirahat yang cukup sangat ampuh untuk mengontrol hormon noreponefrin dan epinefrin yang berkontribusi dalam meningkatkan stres. Tapi perlu diingat, jangan tidur berlebihan karena malas, karena itu bukan bagian dari self-healing.

4. Mencoba Kegiatan Positif dan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Tips meredakan stres dengan self-healing selanjutnya ialah dengan menjajal kegiatan positif. Anda bisa saja menenangkan pikiran dengan membaca buku, atau hanya sekadar termenung di ruang santai dan memikirkan hal-hal positif sembari mendengarkan musik. Selain itu, kegiatan positif lain yang mampu meredakan stres ialah berkebun, tanam beberapa tanaman yang mudah untuk tumbuh di lingkungan Anda.

Tak hanya kegiatan positif saja yang bisa mendukung meredakan stres, tapi juga memulai gaya hidup sehat. Makanan tidak sehat seperti makanan yang mengandung minyak terhidrogensi, gula dan kafein, malah memberikan tekanan berlebih pada tubuh. Karena tekanan ini, tubuh susah untuk merasa rileks. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang sehat dan tidak berlebihan.

Satu lagi tips meredakan stres dengan self-healing yang tak kalah penting, yakni dengan bersyukur. Bak lagu D’Masiv, “Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah.” Dengan bersyukur, akan membuat tekanan-tekanan penyebab stres mereda.

Jangan lupa self-healing ya!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox