// //
Home   Blog    Kiat
Pengembangan Diri

  Wednesday, 15 September 2021 17:36 WIB

Empat Langkah untuk Mengencerkan Kreativitas

Author   Tempo Institute

Photo by Live Science on Shutterstock

Dalam mengerjakan apa pun, kita dituntut untuk kreatif. Masalahnya, kreativitas tidak datang begitu saja setiap hari. Ada masa-masa ketika otak buntu. Masalahnya terkadang bukan karena mengeringnya sumur ide kita, tapi karena kita tidak memberi perhatian cukup untuk menimba ide dalam sumur.

Mindfulness writing adalah salah satu cara untuk memfokuskan kembali perhatian pada ide yang sempat buyar. Di saat pikiran Anda sudah terdistraksi oleh banyak pekerjaan karena kita berada dalam kondisi tidak nyaman saat bekerja, mindfulness writing bisa membuat perhatian Anda terkumpul lagi.

Dilansir dari Develop Good Habit, sketsa kata (word sketch) yang dipopulerkan Jack Kerouac lewat bukunya Book of Sketches menjadi salah satu cara untuk melatih mindfulness writing. Secara fungsional, sketsa kata ini  seperti terapi dalam menghadapi mumetnya hidup.

Jack Kerouac adalah salah satu pembuat novel terkenal dari AS pada era beat generation (generasi penulis yang terinspirasi dari banyak kejadian Perang Dunia II). Dia sangat terkenal dengan novel On the Road yang diterbitkan pada 1957. Ia juga salah satu pembuat puisi terkenal pada zamannya.

Nah, sebagai novelis dan pembuat puisi terkenal pastinya ia memiliki cara untuk terus kreatif dalam mengasah idenya. Dari bukunya Book of Sketches, ia membeberkan kebiasaan sederhana yang sering dilakukan olehnya dan ditiru oleh banyak orang setelahnya.

Pertama, berhenti untuk melakukan sesuatu selama lima atau sepuluh menit untuk merekam aliran kesadaran Anda. Hal ini berguna untuk memfokuskan perhatian yang buyar sehingga Anda bisa lebih fokus menulis nantinya.

Kedua, tulis apa saja yang ada di sekitar Anda atau hal yang tiba-tiba masuk ke pikiran. Ini bisa membuat stimulus terhadap otak untuk membangun kerangka hal yang akan ditulis dalam pikiran.

Ketiga, gunakan kalimat yang sederhana dan tidak perlu sesuai dengan PUEBI. Biarkan banyak ide mentah tertuang dalam tulisan. Cukup memberikan tanda pisah sebagai penanda antarkalimat.

Keempat, gabung pikiran mentah atau sepele Anda dan catat bersama ide-ide yang sudah matang dan mendalam. Biarkan otak kanan dan kiri membuka pikiran untuk menyediakan pelbagai ide tulisan yang menarik. Hal ini pun akan memicu Anda untuk mulai menulis dengan fokus dan ide yang datang dalam pikiran.

Cara tadi tentunya bertujuan untuk membalikkan fokus perhatian Anda yang sempat buyar karena tekanan dan tuntutan yang Anda hadapi. Ya, lebih tepatnya cara ini dimulai untuk men-trigger fokus Anda kembali. Anda bisa mulai mencobanya di saat menghadapi banyak ideas atau writing block

Cara ini pun bisa ampuh jika rutin dilakukan. Buktinya Jack Kerouac bisa menjadi novelis terkenal yang menghasilkan banyak ide menarik.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox