Home   Blog    Menulis
Pengembangan Diri

  Friday, 11 March 2022 09:05 WIB

Tips Mengulas Film yang Menarik Tanpa Spoiler

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Pembuatan Sebuah Film

Di tengah kemajuan ini, review atau ulasan juga makin dicari. Tidak hanya sebagai kritik saja, sekarang banyak orang mencari ulasan film untuk mencari rekomendasi. Pekerjaan mengulas film, menjadi pekerjaan yang cukup menyenangkan, terlebih jika Anda gemar menonton film.

Sebagai penulis ulasan film atau movie reviewer tidak boleh sembarangan mengulas hingga memberikan bocoran alur hingga tiap adegan yang dijabarkan sangat detail. Melansir dari artikel dari Austin Peay State University tentang Writing a Movie Review, disebutkan jika pengulas harus memberikan detail yang cukup bagi pembaca agar mereka membuat keputusan untuk menonton film tersebut atau tidak.

Dalam membuat ulasan, pengulas harus mampu menganalisis berbagai unsur dalam film, yang tidak semua penonton awam ketahui. Misalnya dari segi alur, akting pemain, gaya penyutradaraan, efek spesial, efek musikal, sinematografi dan elemen-elemen lainnya. Agar tulisan ulasan menjadi lebih menarik, berikut beberapa tips menulis ulasan film yang bisa dipraktikkan:

1. Menonton Filmnya

Tidak ada ulasan jika Anda tidak pernah menonton film yang akan diulas. Setidaknya Anda harus menonton film itu sekali untuk mendapatkan kesan pertama. Saat menonton pertama kali, nikmati film tersebut selaiknya orang lain menonton. Simpan poin-poin yang akan Anda ulas. Setelah itu, Anda bisa menontonnya lagi. Tujuannya, untuk melihat film dari sudut pandang berbeda dan lebih mendetail. Langkah ini memang tidak wajib. Jika Anda jeli, bisa saja cukup sekali menonton.

2. Evaluasi Film dan Mencatat Poin-Poin Penting

Begitu selesai menonton film, tips menulis ulasan film selanjutnya ialah dengan mengevaluasi film itu. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, hingga soal kekurangan dan kelebihan elemen-elemen dalam film. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, evaluasi bisa dibuat dari opini pengulas soal genre, alur, gaya penyutradaraan, efek spesial, musik, hingga sinematografinya.

Saat mengevaluasi, catat poin-poin apa saja yang perlu untuk diulas. Misalnya, alur film yang tidak jelas sehingga membuat bingung penonton, atau mungkin akting pemeran utama yang sangat berkarakter, dan bisa juga soal efek spesial yang kurang pas di beberapa adegan. Dari evaluasi itu, Anda bisa mengutarakan opini Anda. Tapi, perlu dicatat dalam tips menulis ulasan film, tidak etis jika Anda menuliskan bocoran film dengan sangat detail.

3. Memahami Elemen-Elemen Film dan Industrinya

Agar evaluasi menarik, dan diterima banyak orang, Anda juga harus mamahami elemen-elemen dalam film. Mau tidak mau, seorang penulis harus belajar bagaimana cara membuat film dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat film. Selain itu, pengulas film juga harus memahami industri perfilman dan mengikuti perkembangannya. Karena tanpa itu, ulasan akan terasa hambar. Tips ini juga akan sangat membantu Anda saat dalam proses penulisan.

4. Memahami Audiens

Sebelum mulai menulis ulasan film, ada baiknya mempertimbangkan siapa audiens Anda. Seorang pengulas, harus memahami di mana ulasan akan diunggah dan siapa audiens yang akan membacanya. Melansir dari laman New York Film Academy, mengetahui siapa audiens akan mempermudah Anda menyaring elemen apa saja yang harus disoroti. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan gaya tulisan dengan target audiens.

5. Tidak Ada Spoiler

Tips menulis ulasan film yang paling penting ialah tidak ada spoiler. Anda cukup memberikan gambaran alur film dan membuat pembaca penasaran hingga ingin menonton filmnya. Anda bisa menuliskan informasi dasar tentang film di paragraph pertama, diikuti dengan rangkuman singkat dari alur film/ Setelah itu, di paragraf ketiga, Anda bisa menyoroti salah satu aspek dalam film yang layak untuk didiskusikan.

Di akhir tulisan, berikan reaksi menyeluruh dari film dan bagaimana kualitasnya. Jangan lupa untuk memberikan rekomendasi untuk audiens yang sesuai dengan target film.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox