Home   Blog    Jurnalisme  Komunikasi
Media Sosial

  Thursday, 08 September 2022 15:37 WIB

Pentingnya Live Streaming dalam Digital Marketing

Author   Tempo Institute

1-800x533

Kini, live streaming atau siaran langsung bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Fitur ini sudah satu paket ketika Anda memutuskan untuk membuat akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, Youtube, hingga Tik Tok. Kalau dulu live streaming hanya bisa dilakukan oleh media dan kepentingan tertentu, kini warganet bisa melakukan siaran langsung hanya dengan bermodal gawai dan jaringan internet saja.

Tidak hanya untuk bersenang-senang saja, fitur ini dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dalam menjalankan strategi marketing mereka. Selain berfokus pada konten, baik foto, teks maupun video, layanan live streaming kini makin banyak digemari. Fitur ini memberikan banyak manfaat bagi para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis mereka.

Melansir dari jurnal Consumer of Social Live Streaming Services: The Influence of Co-Experience and Effectance on Enjoyment (Brundl, dll., 2017), fitur siaran langsung ini memungkinkan pengguna media sosial menyiarkan video secara real-time dan mendorong sosialisasi melalui saluran obrolan yang sama. Dalam jurnal itu juga disebutkan, pengalaman yang didapat dari fitur ini memberikan efek kenikmatan tersendiri, baik perilaku aktif (mengobrol) dan perilaku pasif (menonton). Efek ini yang dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan live streaming. Berikut keuntungan live streaming dalam digital marketing:

1. Menjalin Kedekatan dengan Audiens

Dalam live streaming, para pelaku bisnis, pemilik merek atau influencer, bisa menjalin kedekatan dengan audiens. Kedekatan ini bisa menumbuhkan rasa percaya audiens terhadap apa yang ditonton lewat siaran langsung. Melansir dari laman My City Social, keterlibatan langsung audiens inilah yang membuat rasa percaya itu tumbuh.

Apabila rasa percaya tumbuh dan kedekatan mulai terjalin, merek/influencer akan mendapatkan dampak positifnya. Seperti, dagangan yang makin laku, juga engagement di media sosial yang meningkat. Keuntungan live streaming itu bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan citra merek, sehingga dapat dikenal lebih luas dan bisa menjadi populer.

2. Memudahkan Kolaborasi

Jika keuntungan pertama sudah diperoleh, live streaming juga akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan kolaborasi dengan siapapun. Tidak hanya berkolaborasi dengan sesame influencer atau figur publik, Anda juga bisa berkolaborasi dengan warganet umum. Bahkan, ada layanan untuk melakukan siaran langsung bersama. Fitur ini cukup menarik, karena tidak perlu ada syarat khusus untuk bergabung dalam siaran. Cukup persetujuan dari dua belah pihak.

Dalam digital marketing, kolaborasi sangat penting dilakukan. Salah satu keuntungannya untuk meningkatkan citra. Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang influencer dan ingin melakukan kolaborasi dengan tujuan meningkatkan citra, maka pilihlan influencer atau merek yang memiliki citra baik sehingga kepercayaan audiens meningkat.

3. Sejalan dengan Algoritma

Algoritma menjadi patokan bagi para pelaku digital marketing dalam mengeksekusi rencana dan strategi mereka. Karena setiap platform media sosial memiliki algoritma yang berbeda, Anda harus memahami arah dan perkembangan algoritma dari media sosial yang hendak dipakai. Melakukan live streaming menjadi salah satu algoritma yang dapat membuat engagement Anda meroket. Melansir dari laman Restream, Facebook dan Instagram termasuk platform yang algoritmanya ‘menyukai’ siaran langsung, sehingga akan membuat visibilitas akun Anda meningkat jika rajin melakukan live streaming.

4. Gratis

Satu lagi keuntungan live streaming untuk menunjang digital marketing, yakni minim biaya alias gratis. Untuk memulai sebuah siaran langsung, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya berlebih. Cukup dengan gawai yang mumpuni dan jaringan internet, Anda sudah bisa melakukan siaran langsung. Selama proses siaran berlangsung, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya. Akan tetapi, jika ingin siaran langsung berlangsung seperti acara formal, acara live streaming membutuhkan pemandu acara atau moderator, atau tim belakang layar, maka Anda perlu mengeluarkan biaya produksi lebih.

Kini, fitur live streaming ini kerap digunakan untuk berjualan online. Biasanya para penjual akan memberi tahu diskon dan produk terbaru lewat siaran langsung di akun media sosial mereka. Selain itu, para influencer juga kerap mengadakan siaran langsung dengan tujuan menyapa dan menjalin kedekatan dengan penggemar. Keberadaan live streaming memudahkan para pelaku digital marketing dalam menjalankan tugas mereka. Sudah siap untuk live streaming?

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox