Home   Blog    Komunikasi  Media
Media Massa

  Saturday, 30 September 2023 15:07 WIB

Pentingnya Desain Visual dalam Berbagai Media

Author   Tempo Institute

Ilustrasi desain visual media

Desain visual menjadi salah satu unsur penting dalam media pada era digital saat ini. Ada banyak media yang dijadikan platform visual dan audio visual, seperti Facebook, Instagram, X hingga TikTok. 

Bahkan media konvensional seperti koran dan TV juga sudah menggunakan desain visual sebagai pendukung produk-produk mereka jauh sebelum adanya media digital.

Secara definitif, desain visual memiliki arti yang luas. Sederhananya, desain visual adalah bidang yang berfokus pada penciptaan elemen-elemen visual yang memiliki tujuan untuk meningkatkan daya tarik estetika dan kegunaan desain/produk dengan gambar, tipografi, ruang, tata letak dan warna yang sesuai. Interaction Design Foundation menyebut jika desain visual itu lebih dari sekadar estetika.

Penggunaan desain visual di media memang sudah lama, tapi penyebutan nama desain grafis dan desain visual baru muncul sekitar tahun 1922 oleh William Dwiggins. Istilah tersebut diciptakan untuk menyebut dirinya sendiri sebagai seorang desainer grafis. Sejak saat itu, istilah desain, grafis dan visual menjadi lebih dikenal masyarakat. Kini, desain grafis dan desain visual seolah menjadi primadona dalam produk-produk media.

Desain visual memiliki peran penting dalam media. Selain menjadi penarik minat, desain visual juga dapat mengoptimalkan pengalaman audiens dan mendorong audiens melakukan aksi. 

Berikut penjelasan tentang pentingnya peran desain visual di media, baik media digital maupun konvensional:

  1. Termasuk ke dalam Perencanaan Strategis

Desain visual bisa berupa gambar saja, atau gabungan dari berbagai unsur. Penentuan unsur yang terkandung dalam desain visual ini tidak bisa sembarangan, terlebih jika ada framing dan agenda setting. Hasil akhir desain visual yang akan ditambahkan dalam sebuah informasi, harus sejalan dengan perencanaan strategis. Di mana, perencanaan ini sudah ditentukan sejak awal niat membuat produk media. 

Desainer tidak bisa sembarangan menempatkan elemen-elemen dalam desain yang dibuat untuk kepentingan media. Mulai dari unsur yang akan dipilih, warna, jenis huruf, tata letak hingga kapan waktu unggah, harus disesuaikan dengan perencanaan.

  1. Estetika

Desain visual identik dengan seni dan keindahan, karena mengandung nilai-nilai estetika. Di mana nilai-nilai ini memiliki banyak peran penting, seperti penambah daya tarik. Tapi peran penting desain visual di media tidak berhenti di situ saja karena, desain visual juga punya fungsi untuk mengarahkan perhatian audiens pada bagian-bagian yang penting. Poin ini terhubung dengan poin pertama yaitu perencanaan strategis. Seorang desainer grafis dan desainer visual dituntut untuk bisa membuat karya yang estetis dan strategis.

  1. Mempermudah Pemahaman Informasi/Pesan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebuah desain tidak hanya harus estetik tapi juga bisa menunjukkan poin penting. Peran penting desain visual di media ini akan memudahkan audiens dalam memahami informasi dan pesan yang disajikan. Misalnya, desain yang akan digunakan untuk menunjukkan data stunting dalam sebuah berita, maka desain yang digunakan harus bisa menunjukkan data itu dalam kemasan yang estetik dan mudah dipahami.

  1. Dapat Melibatkan Emosi

Setelah berhasil membuat desain yang mudah dipahami dan pesannya tersampaikan, penting untuk melibatkan emosi audiens. Desain visual yang baik bisa memicu emosi dan reaksi dari audiens. Misalnya desain visual yang digunakan untuk berita korupsi, ilustrasi yang digunakan bisa berupa gambar orang berjas dan berdasi dengan postur berisi, duduk di atas kursi yang disangga banyak orang dengan kondisi berkebalikan. Gambaran seperti ini dapat menggugah emosi audiens.

Peran penting desain visual patut dipahami oleh para pelaku media, agar desain yang sudah dibuat tidak berakhir sia-sia dan tidak memberikan dampak apa-apa. Tujuan utama adanya desain visual ini adalah untuk mempermudah pemahaman informasi dan membuat informasi yang akan disampaikan jadi lebih menarik sehingga jangkauannya lebih luas. 

Desain dibuat bukan hanya untuk menjadi indah, tapi ada banyak peran penting lainnya.

Kamu juga bisa belajar lebih dalam salah satu desain visual media, infografis, bareng Tempo Institute, lo.

Yuk, cek kelas selengkapnya di kelas daring Merancang Infografis, Menampilkan Data dengan Menarik!👇🏻

https://tempoinstitute.com/course/detail/Merancang-Infografis

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox