// //
Home   Blog    Komunikasi  Media Massa
Update

  Friday, 13 May 2022 11:46 WIB

Mieke Wijaya dan Film-Film Keren yang Beliau Mainkan

Author   Digital Marketing

Foto dari Instagram @alenia259

Mieke Wijaya merupakan aktris Indonesia yang terkenal pada 1970-an hingga akhir 1990-an. Di suasana Lebaran tahun ini kita kehilangan beliau. Ia meninggal karena penyakit kanker yang dideritanya pada usia 82 tahun.

Wanita kelahiran Bandung, 17 Maret 1939 ini pernah bermain dalam beberapa film. Mungkin kakek atau nenek kamu mengenalinya karena ia mulai terkenal dalam film Tiga Dara garapan Usmar Ismail pada 1956. Usmar Ismail adalah sutradara hebat Indonesia, memiliki andil yang cukup besar dalam mengorbitkan Mieke.

Fyi, Mieke Wijaya ini tidak ada hubungan saudara dengan Nani Widjaja walaupun memiliki nama Wijaya pada nama belakangnya. Lucunya, banyak netizen yang mengira kalau mereka saudara.

Dari sekian banyak film yang ia mainkan, ada lima film yang terkenal atau mungkin bisa dibilang salah lima film terbaik yang pernah dimainkan Mieke Wijaya. Berikut kelima film tersebut.

1. Tiga Dara (1956)

Film ini merupakan salah satu film musikal pertama di Indonesia yang pernah digarap Usmar Ismail pada tahun 1956. Mieke Wijaya berperan sebagai Nana yang hidup bersama kedua saudarinya. 

Dalam filmnya, mereka hidup makmur dan terlahir dari keluarga kaya. Namun, ada konflik antara Nana yang ingin menikah duluan dengan kaka tertuanya yang tidak ingin dilangkahi.

2. Flamboyant (1972)

Film keluarga ini menceritakan tentang kehidupan pasangan suami istri, Ellen (Mieke Wijaya) dan Aksana (Rachmat Hidayat), yang berada dalam ujung tanduk. Ellen yang bekerja sebagai desainer pakaian sering menyombongkan diri kepada suaminya sehingga pernikahan mereka tidak akur. Namun, ada satu momen dari masa lalu yang membuat mereka sadar akan suatu hal.

3. Ranjang Pengantin (1974)

Film ini merupakan salah satu film legendaris yang membuat Mieke membuat mendapatkan Piala Citra Festival Film Indonesia tahun 1975. Film garapan Teguh Karya ini menceritakan kehidupan rumah tangga, Bram dan Nona, yang tidak direstui orang tua.

4. Gadis Hitam Putih (1986)

Dalam film ini Mieke berperan sebagai Zania. Film hasil garapan bersama studio film Malaysia ini menceritakan perseteruan antara keluarga Mita Zania dengan seorang wanita bernama Nelly yang diperankan oleh Maria Arshad.

5. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Dalam film ini, Mieke Wijaya berperan sebagai Ummu Fathi. Film ini sangat terkenal dan bercerita tentang kehidupan asmara seorang mahasiswa bernama Fahri yang sedang belajar di Mesir.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox