Home   Blog    Kiat  Menulis  Pelatihan  Pengembangan Diri
Produktivitas

  Tuesday, 05 April 2022 20:42 WIB

Belajar Membuat Film Sederhana Bersama Ahlinya

Author   Digital Marketing

Irfan Ramli, pengajar MasterClass TMW 2022. Foto: Visinema

Tempo Media Week 2022 kemarin menyediakan banyak MasterClass. Salah satunya belajar membuat film bersama salah satu scriptwriter film berpengalaman, Irfan Ramli. Kelas ini pun mendapat sambutan yang hangat dan positif dari para mentee.

“Nah, apa sih yang membuat menarik dari kelas ini?”

Pastinya, kurikulum yang sudah dirancang sangat cocok untuk para pemula dan diisi oleh ahlinya. Karena industri film sudah mulai berkembang, scriptwriting menjadi salah satu hal yang fundamental untuk membuat sebuah film.

Scriptwriter yang masih sedikit dan jam terbangnya sedikit harus mendapat pelatihan yang pas dan cocok untuk meningkatkan kompetensi mereka. Salah satunya dengan MasterClass Tempo Media Week 2022 kemarin.

MasterClass ini mengajarkan para mentee untuk mulai memahami kaidah penulisan dari awal sehingga bisa mengembangkan idenya dengan baik nanti. Setelah itu, para mentee mulai menggali konsep dan premis cerita agar terbentuk alur yang pas dalam filmnya nanti. Nah, dari situ, skenario film ini bisa mulai dikembangkan sesuai alur yang diinginkan.

Para mentee yang terdiri dari mahasiswa, pekerja lepas, penulis, bahkan arsitek sangat menikmati materi yang disampaikan oleh Irfan Ramli.

“Eh, Mas Irfan Ramli itu siapa sih? Kok, kaya baru denger, ya namanya.”

Kalau kamu pernah nonton film Story of Kale, Keluarga Cemara 2, Ben&Jody, dan Filosofi Kopi 2 itu adalah salah empat dari banyaknya film yang dibuat skenarionya oleh Mas Irfan. Banyaknya, Mas Irfan ikut mengembangkan cerita dari keempat film tersebut atau bahkan menjadi scriptwriter-nya juga, lo.

Mas Irfan sendiri bekerja di Visinema Pictures, Jakarta Selatan dan sudah banyak memenangkan penghargaan dalam dunia film. Salah duanya adalah Best Film Majalan Tempo 2014 dan Best Film Festival Film Indonesia 2014.

Ahli yang sudah terbukti berpengalaman lewat segudang karya dan penghargaan yang ia miliki tentunya. 

Salah satu mentee bahkan sangat menikmati MasterClass bareng Mas Irfan walaupun sudah lewat durasi waktu kelasnya. “Salah satu masterclass yang durasinya kelewatan, tapi malah senang,” pungkas Syaifudin, guru dari Semarang yang mengikuti MasterClass ini.

Berkat kerja sama yang hebat antara Tempo Institute dan Mas Irfan Ramli serta didukung oleh para sponsor, seperti ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Bank Mandiri, Sinarmas Land, McDonald’s Indonesia, dan Solaria, MasterClass bisa berjalan lancar.

Alhasil, para mentee bisa memenuhi kompetensi yang diinginkan kurikulum MasterClass bersama Irfan Ramli, yaitu mengembangkan ide cerita dalam film yang diawali ide-ide yang kreatif dan premis yang unik.

Jangan lewatkan rangkaian Tempo Media Week tahun-tahun selanjutnya, ya! Siapa tahu kamu bisa menjadi salah satu orang yang beruntung belajar dari para ahli yang keren dan hebat 😁

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox