Home   Blog    Jurnalisme
Komunikasi

  Tuesday, 22 August 2023 09:25 WIB

Kemampuan yang Harus Dimiliki News Anchor

Author   Digital Marketing

Ilustrasi news anchor

Berkarier menjadi news anchor adalah jalan yang panjang. Meski memiliki paras cantik dan tampan, belum tentu bisa langsung lolos untuk tampil membawakan berita. Ada banyak kemampuan yang harus dimiliki seseorang yang ingin berkarier menjadi news anchor.

Nama-nama terkenal seperti Najwa Shihab, Aiman, Alfian Rahardjo, dan Senandung Nacita, misalnya. Mereka tidak langsung membawakan berita sebagai news anchor. Mereka menjajaki karier sebagai reporter pemula dan ada yang menjadi penyiar terlebih dahulu. Semua itu ada prosesnya.

Jika Anda ingin menjadi news anchor, tingkatkan kemampuan. Berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang news anchor:

  1. Kemampuan Berbahasa dan Berkomunikasi dengan Baik

Pekerjaan utama seorang news anchor adalah membacakan berita, dan membuat informasi yang terkandung dalam berita tersebut tersampaikan ke khalayak. Untuk itu, seorang news anchor harus memiliki kemampuan berbahasa dan komunikasi yang baik.

Selain itu, kemampuan ini juga akan sangat membantu ketika news anchor harus mewawancarai narasumber. Kemampuan berbahasa dan berkomunikasi ini juga akan menambah kharisma dan wibawa seorang news anchor, sehingga ia akan dihormati dan disegani oleh narasumbernya.

  1. Memiliki Body Language dan Ekspresi yang Baik

Selain komunikasi verbal di atas, komunikasi non verbal seperti body language dan ekspresi ini juga sangat penting bagi seorang news anchor. Mengutip dari laman MCIS Language Solution, komunikasi non verbal ini dapat membantu memperkuat pernyataan, menggantikan makna dan melengkapi apa yang ingin kita sampaikan.

Seorang news anchor harus memahami peran body language dan ekspresi ini. Misalnya saat membacakan berita bencana, ekspresi wajah harus serius dan prihatin. Juga saat mewawancara narasumber penting, gestur tubuh harus diperhatikan agar komunikan tidak tersinggung.

  1. Berwawasan Luas

Menjadi news anchor tidak bisa sembarang orang. Mereka harus memiliki wawasan yang luas dan berpengetahuan. Itu karena, saat membacakan berita ada banyak informasi yang disampaikan, oleh sebab itu, news anchor harus memahaminya terlebih dahulu. Tanpa latar belakang pengetahuan dan wawasan yang luas, maka akan mempersulit pekerjaan. Tak heran kan, para news anchor itu cerdas-cerdas?

  1. Kemampuan Teknik Vokal yang Baik

Pekerjaan yang menggunakan teknik vokal tidak hanya musisi saja. Seorang news anchor juga harus punya kemampuan ini, karena intonasi, artikulasi dan nada akan memengaruhi penyampaian berita. Itulah mengapa pengucapan seorang news anchor pasti jelas dan mudah dimengerti.

  1. Cakap dan Peka

News Anchor juga termasuk dalam bidang jurnalistik, sehingga kepekaan dan kecakapan dalam menggali isu juga dibutuhkan. Terlebih ketika harus mewawancarai narasumber penting, seperti pejabat dan ahli atau praktisi. 

  1. Memiliki Kemampuan Riset dan Analisa yang Baik

Untuk mengasah kepekaan dan kecakapan, seorang news anchor perlu melakukan riset dan analisa. Kemampuan ini sangat diperlukan untuk menunjang pekerjaan sebagai news anchor. Sebelum membawakan berita, news anchor harus memahami betul berita yang akan dibawakan. Itu bisa dilakukan dengan riset dan analisa.

Riset dan analisa bisa dilakukan dengan membaca, mencari informasi di internet atau menanyakan langsung ke narasumber terkait.

Berkarier menjadi news anchor memang tidak mudah. Selain enam kemampuan tersebut, masih banyak yang haris diperhatikan. Mulai dari pemilihan pakaian, riasan dan masih banyak lagi. Jika memang ingin menjadi news anchor, Anda bisa mempersiapkan diri sedini mungkin. Jangan lupa juga untuk menjalin jejaring agar ke depannya jauh lebih mudah.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox