Home   Blog  
Menulis

  Monday, 03 April 2023 05:55 WIB

Kegunaan ChatGPT dalam Penulisan

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Chat GPT

Beberapa waktu terakhir, publik dikejutkan dengan sebuah program artificial intelligence (AI) yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan kita melalui kata-kata. Program itu adalah ChatGPT atau Chat Generative Pre-trained Transformer yang dikembangkan oleh organisasi nirlaba OpenAI. Mirip dengan Google yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan, ChatGPT langsung banjir peminat. Canggihnya lagi, jawaban yang dihasilkan program ini jauh lebih manusiawi.

ChatGPT adalah sebuah model bahasa alami yang dirancang untuk menghasilkan tanggapan yang lebih kontekstual dalam percakapan manusia melalui pesan teks. Saking manusiawinya, jawaban dari ChatGPT ini sangat bisa diterima, bahkan mirip dengan hasil kinerja manusia. Dan ternyata, kecanggihan ini berasal dari model yang dihasilkan dari pelatihan set data yang sangat besar. Data-data itu diperoleh dari pelatihan dari jutaan kalimat dan dokumen, yang bertujuan untuk memahami konteks dan nuansa dalam bahasa manusia.

Sederet kegunaan ChatGPT bisa digunakan untuk menunjang penulisan. Berikut beberapa kegunaan ChatGPT dalam penulisan lainnya:

1. Mempermudah Mencari Informasi

Kemampuan ChatGPT mencari informasi bisa mempermudah pengguna saat menulis. Dalam hitungan detik, ChatGPT bisa menghadirkan informasi yang dicari dalam bentuk teks. Hasilnya, pengguna bisa memakai informasi yang diperoleh sebagai bahan dalam membuat tulisan. Tapi sayangnya, sumber yang diberikan ChatGPT tidak terlalu jelas sehingga diperlukan pengecekan kembali sumber pertamanya.

2. Menyusun Kerangka Berpikir

Selain mempermudah pencarian informasi, ChatGPT juga bisa membantu penggunanya dalam menyusun kerangka berpikir. Dari informasi yang dikumpulkan dari ChatGPT, pengguna bisa membuat kerangka berpikir sebelum mulai menulis. Kemudahan ini dapat diperoleh, jika pengguna sudah memiliki landasan dasar, topik, dan angle tulisan.

3. Mengurangi Writer’s Block

Writer’s Block (kesulitan dalam menulis) menjadi salah satu kendala yang cukup sering dialami oleh seorang penulis. Karena mengalami writer’s block, penulis akan kesulitan dalam berkarya dan merasa buntu. Biasanya, penulis yang mengalami writer’s block akan mengalihkan perhatiannya sejenak, beristirahat atau melakukan aktivitas lain. Tapi dengan ChatGPT, penulis bisa menguraikan kesulitannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ChatGPT bisa membantu menyelesaikan masalah, asalkan pengguna memahami apa masalah yang sedang dihadapi.

Kegunaan ChatGPT dalam dunia kepenulisan ada banyak. Namun, tanggapan yang diberikan ChatGPT tidak akan maksimal jika pengguna tidak memahami apa yang mereka tanyakan. Sehingga, menggunakan ChatGPT untuk mempermudah pekerjaan harus tetap dibarengi dengan kemampuan berpikir otak manusia. Kehadiran ChatGPT adalah sebagai alat bantu, bukan sebagai pengganti kinerja otak manusia yang malas berpikir.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox