Home   Blog    Kiat  Komunikasi
Media Sosial

  Tuesday, 12 September 2023 13:49 WIB

Cara Membangun Kesan Pertama yang Baik

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Kesan Pertama

Kesan pertama merupakan poin penting menentukan preferensi seseorang terhadap kita. Seseorang hanya butuh satu kesempatan untuk membangun kesan pertama. Hanya dalam hitungan detik, kesan pertama bisa tercipta. Tiap orang bisa membuat penilaian cepat, terutama saat bertemu orang baru.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan Psychological Science pada 2006, seseorang bisa membuat kesimpulan cepat tentang orang yang ia temui pertama kalinya, kurang dari sepersepuluh detik.

Ini sebabnya, cara membangun kesan pertama penting diperhatikan. Berikut cara membangunnya, antara lain:

1. Kontak Mata

Kontak mata merupakan hal paling mendasar saat berinteraksi. Melakukan kontak mata saat pertama kali bertemu seseorang adalah cara untuk membangun kesan pertama yang baik. The British School of Etiquette merekomendasikan penggunaan ‘teknik segitiga’ di mana kamu bisa menggambar segitiga terbalik imajiner di sekitar mata dan mulut orang lain.

Selama percakapan, kamu bisa mengalihkan pandangan dari satu titik segitiga ke titik lainnya setiap 5-10 detik. Cara membangun kesan pertama ini akan membuat kesan Anda tertarik dan terlibat dengan topik yang sedang dibahas.

2. Salam

Memberi salam seperti menjabat tangan, menunukkan tubuh, atau memberi isyarat salam merupakan bagian dari etiket berkomunikasi yang baik. Dalam situasi yang tidak terlalu formal, bisa dengan melambaikan tangan, senyum, atau mengangkat tangan. Salam bisa membantu membangun kesan pertama yang baik, dan bisa membuat terkesan sopan dan ramah.

3. Tepat Waktu

Datang tepat waktu bisa menjadi faktor yang bisa menciptakan kesan pertama yang baik di mata orang yang baru ditemui. Menjadi tepat waktu menunjukkan rasa hormat dan sopan santun kepada orang lain. Tepat waktu penting dalam pertemuan apa saja. Ketika datang terlambat, orang lain bisa berpikir bahwa wakrumu lebih penting daripada waktu mereka. Datang lebih awal jauh lebih baik daripada datang terlambat. Ini merupakan langkah pertama untuk menciptakan kesan pertama yang baik.

4. Perhatikan Penampilan

Tak bisa dipungkiri, tiap orang pasti akan menilai satu sama lain dari penampilan fisik ketika pertama bertemu. Pilihan pakaian seseorang merupakan alat komunikasi yang ampuh saat bertemu orang baru untuk pertama kalinya. Mengenakan pakaian yang sesuai dengan situasi akan sangat membantu dalam menciptakan kesan pertama yang baik. Tak perlu menggunakan pakaian mewah dan mahal. Sesuaikan pakaian dengan situasi dan kondisi, apakah harus formal atau santai.

Pastikan berpakaian rapi, bersih, dan sopan. Kebersihan tubuh juga penting dalam membangun kesan pertama. Pastikan untuk memperhatikan bau badan, gigi, rambut (termasuk rambut wajah), tangan dan kuku.

5. Perhatikan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh seringkali dapat berbicara lebih keras daripada kata-kata. Ekspresi wajah, gerakan tangan, dan postur juga mengirimkan pesan yang kuat setiap kali berinteraksi dengan orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 60-70% makna dalam komunikasi manusia berasal dari perilaku non-verbal.

Gunakan bahasa tubuh untuk memperlihatkan kepercayaan diri. Cobalah berdiri tegak, tersenyum, kontak mata, dan memberi salam. Hindari bahasa tubuh yang memproyeksikan kegugupan seperti menggigit kuku, menggerakkan kaki, memainkan rambut, atau mengalihkan pandangan. Hindari membungkuk ke depan atau bersandar terlalu jauh di kursi.

6. Sikap Positif

Bersikap positif adalah bagian penting untuk membuat kesan pertama yang baik. Pastikan untuk fokus pada lawan bicara dan memberi mereka perhatian penuh. Cara membangun kesan pertama ini akan membantu menciptakan kesan yang hangat dan dapat dipercaya. Tunjukkan juga sikap positif, bahkan saat menghadapi kritik atau saat gugup.

Tunjukkan bahwa Anda mudah didekati dengan mempertahankan sikap optimis dan tersenyum. Dalam jangka panjang, kamu dapat menciptakan sikap positif dengan melatih pikiran untuk melihat hikmahnya dalam situasi yang menantang, mengelilingi diri dengan orang-orang yang positif, membuat jurnal rasa syukur, atau melatih perhatian.

7. Jadi Diri Sendiri

Cara terbaik untuk menciptakan kesan yang baik adalah dengan menjadi diri sendiri. Ketika berhadapan dengan orang baru, mungkin perlu menyesuaikan diri. Tapi ini tak lantas membuat Anda tidak menjadi diri sendiri. Tetap percaya diri akan membantu membangun kepercayaan, dan mendapatkan rasa hormat dan membangun integritas.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox