Home   Blog    Jurnalisme
Kiat

  Thursday, 25 May 2023 13:30 WIB

Audit Komunikasi dalam Perusahaan

Author   Digital Marketing

Ilustrasi audit

Hambatan-hambatan komunikasi bisa mengganggu kelancaran kerja para pegawai, hingga mengurangi produktivitas, bahkan bisa membuat kelompok/organisasi/perusahaan mengalami masalah. Salah satu untuk mencegah hal-hal ini terjadi ialah dengan melakukan audit komunikasi. Hamilton dalam bukunya Communication Audits (1991) menyebut jika audit komunikasi adalah usaha melakukan penilaian untuk mengetahui tingkat kejelasan dan pemahaman, serta tingkat kesesuaian dan tingkat efisiensi sistem komunikasi internal dalam suatu organisasi.

Penerapan audit komunikasi dalam perusahaan sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Berikut pentingnya audit komunikasi dalam sebuah perusahaan:

  1. Efektivitas Komunikasi

Audit komunikasi adalah salah satu alat penting untuk memastikan komunikasi dalam sebuah perusahaan berjalan efektif. Ini berkaitan dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh perusahaan kepada orang-orang yang terlibat di dalamnya. Apakah pesan-pesan tersebut telah disampaikan dengan tepat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dengan audit komunikasi, tingkat efektivitas komunikasi sebuah perusahaan bisa terukur dan perusahaan bisa melakukan evaluasi dari hasil yang didapatkan.

  1. Efisiensi Komunikasi

Selain efektivitas komunikasi, pentingnya audit komunikasi dalam perusahaan juga dapat dilakukan untuk mengukur efisiensi komunikasi. Ini juga akan membantu perusahaan untuk mengevaluasi waktu, sumber daya, dan biaya yang dikeluarkan untuk berkomunikasi dalam kurun waktu tertentu. Evaluasi tersebut bisa digunakan untuk mengidentifikasi area mana saja yang memerlukan perbaikan, salah satunya dengan berhemat.

  1. Reputasi Perusahaan

Peran pentingnya audit komunikasi dalam sebuah perusahaan selanjutnya adalah untuk keperluan reputasi. Dengan dilakukannya audit komunikasi, perusahaan bisa menjaga reputasinya di mata publik, target audiens dan juga orang-orang yang terlibat di dalamnya. Audit komunikasi dapat membantu untuk memastikan bahwa pesan-pesan yang selama ini disampaikan sudah sesuai citra dan reputasi perusahaan atau belum. Jika ditemukan ada pesan yang tidak sesuai, maka harus segera dilakukan evaluasi dan perbaikan agar tidak merusak reputasi perusahaan. Itulah pentingnya audit komunikasi dalam sebuah perusahaan.

  1. Kepuasan Pelanggan

Selain mengevaluasi sistem informasi dalam internal perusahaan, audit komunikasi juga bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan audiens perusahaan. Dengan audit komunikasi, perusahaan bisa memahami kebutuhan dan keinginan audiensnya, bukan hanya anggota internal perusahaan saja, tapi juga eksternal yang terlibat. Dari hasil audit komunikasi, perusahaan bisa membuat perencanaan untuk meningkatkan loyalitas orang-orang yang terlibat dengan perusahaan.

  1. Kinerja Bisnis

Dalam sebuah perusahaan, kinerja bisnis sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas. Pentingnya audit komunikasi dalam sebuah perusahaan adalah untuk mengevaluasi komunikasi dalam strategi bisnis yang diterapkan sudah berjalan dengan baik. Jika ditemukan kejanggalan, perusahaan bisa memperbaiki, sehingga kinerja bisnis akan meningkat dan tujuan bisnis bisa dicapai.

Mengetahui betapa pentingnya audit komunikasi dalam sebuah perusahaan, sudah sewajarnya jika audit komunikasi dilakukan secara berkala seperti halnya audit keuangan. Audit komunikasi dilakukan untuk memastikan bahwa komunikasi internal dan eksternal perusahaan sudah efektif, efisien dan konsisten. Dengan begitu, tujuan perusahaan bisa tercapai dan strategi yang diterapkan bisa berjalan dengan baik. Jangka panjangnya, perusahaan bisa berkembang dengan sumber daya manusia yang kreatif dan mumpuni, sehingga reputasi perusahaan terjaga dengan baik.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox