Home   Blog    Komunikasi
Pelatihan

  Monday, 27 February 2023 10:55 WIB

7 Keahlian yang Dibutuhkan untuk Jadi Humas (PR)

Author   Digital Marketing

Ilustrasi seorang humas sedang diwawancara

Humas atau public relation (PR), memiliki fungsi yang strategis dalam sebuah perusahaan, organisasi atau instansi. Melansir dari laman Indonesia PR, humas memiliki fungsi konseling, jadi tidak hanya terpaku pada hubungan instansi dengan media saja. Selain itu, humas juga memiliki fungsi financial relations dan multicultural relation. Oleh karena itu, peran humas sangat penting dalam sebuah instansi, perusahaan atau bisnis. Sehingga, untuk menjadi humas yang baik, perlu belajar dan menguasi banyak hal. Berikut adalah beberapa keahlian penting yang harus dimiliki oleh seorang humas:

1. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Ini adalah keahlian dasar yang harus dimiliki oleh seorang humas. Para pelaku humas harus mampu berbicara dengan jelas dan lugas, serta mampu menyampaikan pesan yang tepat dan efektif kepada publik dan media. Humas juga harus mampu berbicara dalam situasi yang memerlukan persuasi dan negosiasi. Keahlian ini bisa diperoleh dengan melatih public speaking, sehingga kemampuan berkomunikasi akan menjadi lebih baik.

2. Kemampuan Melakukan Research dan Analisis

Selain kemampuan komunikasi yang baik, humas juga harus mampu melakukan penelitian dan analisis terhadap situasi dan kondisi pasar. Tak hanya itu, humas juga harus bisa memahami isu-isu yang sedang terjadi dan dampaknya terhadap organisasi. Ini membantu mereka untuk membuat strategi komunikasi yang tepat dan efektif.

3. Kemampuan Beradaptasi dan Berpikir Kreatif

Dunia bisnis dan organisasi sering menghadapi situasi yang tidak terduga dan harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan berpikir kreatif untuk mengatasinya. Humas harus mampu beradaptasi dengan situasi dan membuat strategi komunikasi yang tepat dan efektif.

4. Kemampuan Bernegosiasi dan Persuasi

Keahlian yang dibutuhkan seorang humas selanjutnya ialah kemampuan negosiasi dan persuasi. Humas sering harus berhadapan dengan situasi yang memerlukan negosiasi dan persuasi. Mereka harus mampu mempengaruhi opini publik dan media, serta membujuk mereka untuk memahami sudut pandang organisasi. Keahlian ini juga diperlukan untuk menjaga hubungan baik dengan publik dan media. Ini melibatkan pemahaman akan kebutuhan dan harapan publik dan media, serta mampu menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu.

5. Kemampuan Menulis

Selain keahlian yang berkaitan dengan interaksi dengan orang lain secara langsung, humas juga harus mampu menulis dengan baik. Seperti yang diketahui, humas memiliki peran sebagai media relation, di mana harus mengurusi media milik instansi. Oleh karena itu, humas harus menguasi keahlian menulis konten untuk media sosial, press release, sampai laporan-laporan resmi. Mereka harus mampu menulis dengan gaya yang sesuai dengan audiensi dan media yang akan dituju.

6. Kemampuan Presentasi

Tak kalah penting, keahlian untuk presentasi juga diperlukan oleh seorang humas. Itu karena humas harus memberikan presentasi dan berbicara di depan publik dan media. Mereka harus mampu mempresentasikan ide dan pesan dengan jelas dan efektif, serta memiliki kemampuan untuk memengaruhi audiensi. Itulah mengapa kemampuan berkomunikasi yang baik akan sangat berpengaruh pada presentasi atau pembawaan seorang humas.

7. Kemampuan Berkolaborasi Tapi Tetap Menjaga Integritas dan Profesionalisme

Humas sering harus bekerja sama dengan berbagai divisi dalam sebuah organisasi, seperti divisi pemasaran, keuangan, dan operasi. Itu sebabnya, mereka harus mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik untuk mencapai tujuan bersama. Tapi di sisi lain, seorang humas harus memiliki integritas dan profesionalisme yang tinggi. Mereka harus bertindak sesuai dengan etika profesi dan menjaga kerahasiaan informasi yang berkaitan dengan organisasi.

Dengan memiliki keahlian-keahlian ini, seorang humas akan mampu melakukan tugasnya dengan baik dan membantu organisasi untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan publik dan media. Keahlian ini akan membantu humas untuk mengatasi berbagai situasi yang mungkin terjadi dan memastikan bahwa organisasi terlihat baik di mata publik dan media.

Kamu mau ingin jadi PR yang andal dalam bekerja apalagi dalam menangani konflik? Eits, sini MinTI kasih tahu.

Yuk, ikuti kelas Paket Belajar Menulis Artikel dan Siaran Pers untuk Humas agar kamu semakin andal dalam menjadi PR!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox