Home   Blog  
Kiat

  Wednesday, 05 May 2021 03:38 WIB

Waktu Terbaik untuk Menulis, Jadi Lebih Fokus dan Produktif

Author   Tempo Institute

Photo by Thought Catalog on Unsplash

Menulis sesuatu, apapun itu, membutuhkan tenaga, waktu dan pikiran. Namun, pernahkah Anda merasa sangat malas menulis, bahkan untuk berpikir? Mungkin saat itu bukan waktu yang tepat untuk peras kinerja otak. Sama seperti tubuh, otak juga memiliki jam kerja dan jam istirahat. Mengoptimalkan berpikir di waktu yang tepat, dapat menghasilkan banyak keuntungan, seperti menjadi lebih produktif, kreatif dan fokus. 

Sebaliknya, jika Anda memeras otak dan tubuh dengan mengacaukan jam alaminya, dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dilansir dari laman Dr Jonny Brockis, dampak buruknya seperti meningkatkan penuaan, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan risiko diabetes. Karena itu, menjadi sangat penting untuk memahami jam alami tubuh, agar waktu menulis menjadi lebih efektif dan efisien.

Sebelum mengetahui waktu terbaik untuk menulis, pahami terlebih dahulu aktivitas Anda sehari-hari. Berdasarkan studi yang dilakukan Mareike Wietha dan Rose Zacks, dilansir dari laman Quick Sprout, ide kreatif biasanya tak muncul di waktu optimal, dan cenderung muncul saat tubuh memproduksi dopamine. Masih dilansir dari laman yang sama, disebutkan ada dua waktu yang baik untuk menulis.

Menulis di Pagi Hari

Banyak penelitian mengatakan, di pagi hari, tubuh memiliki ‘willpower’ yang membantu tubuh jadi lebih bergairah dan bersemangat. Terlebih pada pukul 9 pagi, otak memiliki hormon stres yang cukup sehingga dapat membantu pikiran menjadi lebih fokus.

Alasan lain pagi hari jadi waktu terbaik untuk menulis adalah, karena aktivitas kreatif akan meningkat selama dan sesaat setelah tidur. Ditambah lagi, pagi hari adalah awal di mana Anda memulai hari dengan suasana hati yang baik. Tak heran jika menulis di pagi hari, pikiran lebih mudah fokus.

Namun, syarat ini harus beriringan dengan gaya hidup yang sehat. Usahakan untuk tidak begadang di malam hari, sehingga saat bangun tubuh dan pikiran lebih segar.

Menulis saat Petang 

Selain pagi hari, malam hari atau petang juga bisa menjadi waktu terbaik untuk menulis. Ada banyak keunggulan menulis di jam petang, sekitar pukul 7 hingga 10 malam. Di jam-jam ini, sudah tidak banyak tuntutan pekerjaan, dan minim distraksi, sehingga sangat baik untuk berpikir dan menulis.

Di jam ini pula, otak telah merekam banyak hal seharian dan terisi penuh, sehingga memiliki banyak referensi dan inspirasi yang bisa dituangkan dalam tulisan. Ditambah lagi dengan suasana malam yang tenang, membuat pikiran lebih fokus dan tubuh lebih rileks. 

Sama seperti menulis di pagi hari, saat hendak menulis di malam hari usahakan untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Karena, untuk mendapatkan kualitas waktu yang baik untuk berpikir, tubuh dan otak juga memerlukan amunisi memadai. Seperti istirahat cukup, mengonsumsi makanan sehat dan menjaga kebersihan.

Dua waktu terbaik untuk menulis di atas tidak bisa menjadi acuan pasti, karena kondisi tubuh dan aktivitas manusia yang berbeda-beda. Utamakan kenyamanan Anda saat hendak menulis, ya!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox