Home   Blog  
Update

  Tuesday, 16 August 2022 17:13 WIB

Upaya Mencari Cara Baru Bermedia

Author   Tempo Institute

Ilustrasi siaran langsung pada zaman sekarang

Independent Media Accelerator hari ini mengawali kegiatan pelatihan atau bootcamp media digital. Kegiatan untuk meng-akselerasi media digital ini diikuti oleh 20 media, setelah mereka menyisihkan sekitar 160 media yang mendaftar dalam kegiatan tersebut.

Mereka datang dari berbagai pelosok daerah dengan berbagai jenis  dan bentuk media. Ada media komunitas, media umum, media TV, media jurnalisme warga hingga  dalam bentuk  komik.  

Mereka akan mengikuti pelatihan selama 7 hari,  empat hari pertama pelatihan dilaksanakan secara online melalui zoom, sedang kelas offline (bootcamp) diadakan selama 3 hari  di Jakarta. Peserta akan diboyong dari daerah masing masing untuk  mengikuti bootcamp di hotel IBIS Tamarin Jakarta untuk mengikuti pendalaman materi tentang, kualitas jurnalis, transformasi digital dan  model bisnis.

Ke  20 peserta  akan mengikuti akselerasi di tiga bidang itu untuk kemudian diminta mengusulkan proposal ide  perbaikan media  dengan pendanaan yang disiapkan IMA. Selanjutnya mereka akan mengerjakan usulan proyek tersebut dalam waktu 2 bulan.  

“Independent Media Accelerator adalah upaya kita untuk mencari dan menemukan bersama bentuk baru dan cara baru bermedia,” kata Direktur Tempo Institute, Qaris Tajudin, dalam sambutanya membuka kegiatan itu, Senin( 15/8).

Upaya akselerasi mencari bentuk dan menemukan model bisnis media ini merupakan inisiasi Tempo Institute bersama sejumlah lembaga seperti Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Google News Initiative, dan Kominfo. Diharapkan media digital baru ini  dapat melalui  tantangan disrupsi teknologi dengan mulus.

Qaris  memaparkan  bahwa dari negara maju, hingga negara berkembang  dan negara yang lebih mundur sepakat belum menemukan bentuk bisnis baru bermedia maupun cara baru bermedia. Berbeda dengan misalnya film dan bioskop yang telah menemukan model seperti Netflix atau di sektor lain yang telah menemukan   model  baru setelah mengalami disrupsi. Di sektor media saat ini orang masih mencari-mencari bentuk dan model bisnisnya.  

Ada tiga hal yang disoroti di dunia media, Pertama, kualitas jurnalisme, dimana kualitas jurnalisme dinilai menurun. Kehadiran digital mendorong orang beradu cepat dan  banyak-banyakan memproduksi berita, sebab jika tidak banyak berita maka google analitik akan jeblok.  

Kedua, adalah bisnis model,  akan seperti apa model bisnis media. dulu orang rela merogoh uang untuk mendapat informasi, tapi sekarang sulit  sekali orang menjual berita. Tempo misalnya, memproduksi konten yang ekslusif,  tak lama akan muncul screenshotnya dimana-mana. Penyebarnya  bukan hanya orang umum, bahkan jurnalis sendiri,  Mereka seolah tidak peduli apa dilakukannya itu,  mencederai   usaha rekannya dalam mencari berita.

Ketiga, adalah disrupsi teknologi, kondis  ini yang sedang coba kita atasi . Bersyukur sebagian teman telah memiliki cara pandang baru dalam bermedia ada yang menggunakan. Dimana mereka  sudah mulai menggunakan multimedia, ada dengan TV dan, dalam komik. Berbeda dengan media konvensional yang  sulit bergerak di tengah himpitan disrupsi teknologi. Untuk itu Qaris meminta dalam kegiatan ini dapat dicari dan dirumuskan bentuk baru bermedia, yang memungkinkan untuk dikembangkan agar media mampu mengatasi  persoalan disrupsi teknologi.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox