// //
Home   Blog    Jurnalisme  Menulis
Pengembangan Diri

  Friday, 27 May 2022 11:36 WIB

Tips Mengulas Produk Kecantikan dengan Lugas

Author   Digital Marketing

Ilustrasi produk kecantikan yang biasa diulas oleh beauty vlogger

Kehadiran beauty blogger bisa dianggap sebagai solusi bagi masyarakat yang sedang mencari referensi untuk kebutuhan lifestyle kecantikan mereka, seperti fashion. Dengan harapan, bisa mendapatkan pencerahan dari para beauty blogger yang memberikan ulasan, seperti ulasan produk kecantikan.

Tugas para beauty blogger ini ialah memberikan ulasan terkait produk kecantikan yang beredar di tengah masyarakat. Ulasan itu bisa berupa konten tulisan, foto hingga video. Meski terdengar mudah, mengulas produk kecantikan tak segampang yang dibayangkan. Seorang pengulas atau reviewer, harus berimbang, di mana ia tidak boleh membohongi publik tapi juga tidak merugikan produsen produk.

Di sisi lain, kemudahan akses menjadi beauty blogger ini juga menghadirkan tantangan, karena setiap beauty blogger harus bersaing. Berikut ada beberapa tips bagi beauty blogger yang ingin mengulas produk kecantikan dengan lugas, antara lain:

1. Memilih platform yang tepat

Sebelum mengulas produk kecantikan yang diinginkan, pilih terlebih dahulu platform apa yang hendak digunakan. Tahapan pertama ini penting karena dapat memengaruhi bagaimana mengemas ulasan yang sesuai dengan audiens. Misalnya, lewat platform blogger, keuntungannya adalah teks panjang, bisa memuat foto dan video, tetapi kini kurang diminati. Atau mungkin menggunakan media sosial Instagram, di mana memiliki lebih banyak peminat, tetapi teks terbatas dan harus fokus pada foto.

Selain itu sesuaikan juga dengan produk yang akan diulas. Seperti, produk kecantikan untuk remaja dengan rentang usia 15-19 tahun, maka disarankan untuk menggunakan platform media sosial yang digemari mereka (Instagram, Tik Tok).

2. Menemukan niche

Yura Aurora dalam artikelnya di Wikihow menyebut, niche menjadi salah satu tips agar ulasan Anda lebih fokus. Secara umum, niche adalah topik dengan fokus tertentu. Dengan menemukan topik yang fokus mengenai blog kecantikan Anda, akan membuat ulasan-ulasan menjadi lebih lugas. Salah satu cara menemukan niche ialah dengan merenungkan setiap rutinitas kecantikan, dan berpikir out of the box.

Jika kebanyakan beauty blogger membuat ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan soal bahan serta kemasannya, Anda bisa mengulik poin lain. Misalnya tentang bagaimana cara pemakaian yang tepat, dan perpaduan produk lain yang cocok, agar manfaat produk yang diulas lebih maksimal.

3. Pemilihan kata mudah dipahami

Setelah mengetahui platform dan niche yang ingin diterapkan dalam mengulas produk kecantikan, saat menulis pilihlah kata yang sesuai. Misalnya, Anda akan mengulas produk kecantikan untuk remaja dengan platform Instagram dan niche, berfokus pada pengaplikasian produk yang tepat. Anda bisa menggunakan kata-kata yang sedang populer di kalangan remaja dan hindari penggunaan kata ilmiah yang bisa membuat bingung mereka. Selain itu, Anda juga bisa menyertakan foto atau video yang menarik.

4. Koreksi dan revisi

Satu lagi tahapan yang tak boleh terlewat dalam mengulas produk kecantikan yakni koreksi dan revisi. Setelah selesai menulis ulasan, minta rekan untuk membaca dan memberikan koreksi. Begitu mendapat koreksi teman, Anda juga bisa membaca kembali ulasan dan memberikan koreksi.

Agar koreksi menjadi lebih efektif, Anda bisa ‘mendiamkan’ tulisan untuk beberapa saat dan melakukan aktivitas lain untuk ‘melupakan’ tulisan sejenak. Dengan begitu, sudut pandang akan lebih netral. Terakhir, jangan takut untuk memulai dan mencoba.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox