Home   Blog    Jurnalisme
Menulis

  Thursday, 03 March 2022 11:34 WIB

Tips Mengulas Makanan Menjadi Tulisan Gaya Hidup

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Makanan

Ada banyak artikel gaya hidup yang kini menjadi salah satu bacaan menarik di media online. Artikel gaya hidup bisa mencakup tentang tips kesehatan, wisata dan perjalanan, hingga mengulas makanan.  Seiring dengan kesadaran hidup sehat misalnya, rubrik gaya hidup sehat menjadi hal yang diminati untuk memperoleh pengetahuan sederhana.

Meskipun artikel gaya hidup lebih ringan dari artikel berita pada umumnya yang tersaji di media online, artikel yang baik tetap didasarkan pada sumber informasi yang valid, dengan isi yang mempertahankan kualitas. Tak terkecuali ketika menulis tentang makanan sebagai bagian dari tulisan gaya hidup yang kebanyakan menyangkut dua topik yakni resep dan ulasan tempat makan.

Mengulas Resep Makanan

Tulisan gaya hidup tentang resep makanan yang bagus adalah tulisan yang membagikan resep makanan yang dibutuhkan pembaca untuk bisa menjadi inspirasi masakan sehari-hari. Di sisi lain, menulis resep makanan tidak hanya berdasarkan resep yang ingin ditulis oleh penulis saja, namun juga harus memperhatikan resep apa yang sedang trending sekarang di kalangan warganet.

Selain menulis resep makanan sendiri, penulis gaya hidup juga bisa mengulas tentang resep makanan yang sudah ada dari seorang koki terkenal maupun penulis buku resep.  Merangkum dari laman Student Publication Association, Pemimpin Editor publikasi mahasiswa Universitas Aberdeen Journal of Matters Relating to Felines, Maurice Alexander memberikan tips bagaimana cara mengulas resep.

Tips mengulas makanan pertama yaitu penulis diharapkan pernah mencoba sendiri resep makanan tersebut. Lalu, menuliskan pengalamannya untuk memberikan informasi kepada pembaca apakah resep bisa benar-benar diterapkan atau ada beberapa kekurangan di beberapa bahan atau prosesnya. Selain itu, Maurice menyebutkan tips menarik lainnya yaitu menguraikan penampilan bahan, menghidupkannya dengan deskripsi yang kaya akan metafora dan perumpamaan.

Resep bisa pula diawali dengan satu atau dua paragraf asal resep itu sendiri atau bahan utama, selain penjelasan mengapa sebagai pengulas, Anda yakin resep ini sangat relevan dengan waktu penulisan. Misalnya saja karena resepnya cocok dicoba di hari libur perayaan keagamaan tertentu atau karena saat itu sedang musim buah-buahan tertentu yang berkaitan dengan bahan utama resep tersebut.

Mengulas Tempat Makan

Tips mengulas makanan selanjutnya berkaitan dengan lokasinya. Mengulas tempat makan sama pentingnya dengan mengulas makanan itu sendiri. Terlepas dari apakah itu warung makan, kafe, bar atau restoran, mulailah ulasan dengan deskripsi fisik dari tempat itu sendiri.

Atur pemandangan dan ceritakan kesan pertama saat masuk, berikan deskripsi yang hidup tentang bangunan, dekorasi interior, serta perhatikan suasananya. Ingatlah bahwa makanan hanya setengah dari pengalaman bersantap di luar, faktor seperti ruangan yang terlalu bising atau ramai mungkin bisa dituliskan untuk menjadi preferensi pembaca nantinya.

Selain rasanya yang tentu cukup subyektif yang tak kalah penting, tentu saja mengenai tampilan hidangan yang disajikan, disarankan untuk difoto agar pembaca memperoleh deskripsi yang lengkap.  Estetika hidangan sangat penting di era media sosial kita dan lebih sering dirancang untuk ‘instagramable’ oleh koki. Pastikan untuk mencoba memotret paling akurat untuk menangkap tampilan makanan sedekat yang terlihat dengan mata telanjang.

Kamera dapat menangkap gambar dengan warna yang sangat pudar, sehingga penggunaan filter halus untuk mengembalikan kecemerlangan kenampakan, cukup disarankan. Kritiklah dengan ringan, bersikaplah masuk akal dan jangan pernah mengarang apa pun tentang pengalaman karena ini menyangkut mata pencaharian seseorang yang sekaligus mendukung pekerjaan orang lain, tulis Maurice.

Dan tentu saja, meski sudah dideskripsikan dengan lengkap dan penuh kepekaan, untuk menjadi pilihan cepat yang menghemat waktu penulis dan memungkinkan pembaca untuk membuat penilaian mereka sendiri dalam sepersekian detik. Beri peringkat menggunakan angka, misalnya 4 dari 5 bintang, atau 8 dari 10 dan sebagainya. Meski model peringkat ini sebenarnya mereduksi keseluruhan ulasan, namun ini menjadi pertimbangan lain bagi pembaca.

Anda bisa memulai menerapkan tips mengulas makanan untuk tulisan gaya hidup selanjutnya. Jangan lupa untuk menyertakan visual yang mendukung agar tulisan menjadi lebih “hidup”!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox