// //
Home   Blog    Media Sosial  Menulis
Public Relations

  Tuesday, 05 July 2022 12:02 WIB

Tips Membuat Video TikTok untuk Strategi Pemasaran

Author   Digital Marketing

TikTok yang sudah banyak digunakan oleh netizen

Setelah berkembang, TikTok mulai dianggap sebagai platform yang mampu menawarkan banyak potensi pemasaran bagi perusahaan. TikTok menyediakan lingkungan kreatif untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Di sinilah pemasar dapat melakukan bisnis. Untuk masuk ke ranah TikTok, berikut tips membuat video TikTok untuk strategi pemasaran yang dapat dipraktikkan:

1. Pahami Fitur yang Ada

Jenis strategi pemasaran di TikTok berbeda dengan Instagram dan Facebook. TikTok memiliki tren, fitur, dan perilaku pengguna yang unik. Oleh karena itu, penting bagi pemasar untuk menjelajahi fitur yang ada di TikTok seperti filter, efek, hingga lagu yang sedang tren.

Melansir Neil Patel, penggunaan hashtag untuk konten di TikTok sangat berpengaruh. Cara termudah menentukan hashtag adalah memilih hashtag yang relevan dengan konten yang diunggah. Tidak ada batasan khusus dalam penggunaan hashtag. Namun Anda disarankan untuk menggunakan dua hingga tiga hashtag per kontennya. Tips ini untuk menghindari hashtag berlebihan karena kolom caption hanya menyediakan 100 karakter saja.

2. Aktif Berinteraksi dengan User

Selain memperhatikan fitur di TikTok, Anda juga perlu aktif berinteraksi dengan penonton untuk membuat video TikTok sebagai strategi pemasaran. Merespons komentar user TikTok di konten Anda dan memberikan komentar di unggahan konten orang lain secara tidak langsung dapat meningkatkan engagement akun.

Semakin sering Anda aktif berinteraksi dengan user, baik di konten sendiri atau orang lain, maka semakin besar peluang akun serta produk Anda dilihat oleh banyak orang. Dan, juga pastikan selalu memberikan komentar bernada positif.

3. Unggah Konten secara Konsisten

Tips membuat video TikTok untuk strategi pemasaran berikutnya adalah dengan mengunggah video secara rutin. Memiliki jadwal aktif rutin dan menjalankannya dengan disiplin adalah kunci keberhasilan konten video TikTok, yang sejauh ini dilakukan banyak orang. Salah satu contoh kalender konten yang bisa diikuti adalah melakukan siaran langsung atau live, mengunggah video TikTok baru rutin setiap hari dan lain sebagainya.

Dengan aktif dan rutin membuat konten video TikTok dapat berpotensi meningkatkan engagement user akun Anda. TikTok menghargai kreator yang aktif dan konsisten mengunggah konten.

4. Kerja Sama dengan Influencer

Mengajak kerja sama influencer juga menjadi salah satu tips membuat video TikTok untuk pemasaran, karena mereka mampu membantu meningkatkan penjualan produk. Mengajak influencer bekerja sama untuk membuat video TikTok sebagai bentuk promosi produk dikenal menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menarik pelanggan. Memilih influencer yang tepat untuk membantu mempromosikan produk dapat meningkatkan brand awareness. Dikarenakan, para influencer memiliki pengikut yang sudah tersegmentasi. Walaupun sangat menjanjikan, namun penting untuk memilih influencer yang tepat.  

5. Menggunakan TikTok Ads

Tips membuat video TikTok untuk strategi pemasaran lainnya yang tak kalah penting adalah memanfaatkan TikTok ads. Memasang iklan di TikTok dapat menjangkau pelanggan dan meningkatkan brand awarness. Ada berbagai jenis iklan yang bisa digunakan di TikTok seperti hashtag challenge ads, in-feed native ads dan brand takeover ads. Anda bisa memilih salah satu iklan tersebut sesuai dengan kebutuhan produk Anda. Bagi Anda yang memiliki bisnis, bisa mencoba tips di atas.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox