// //
Home   Blog  
Kiat

  Thursday, 06 January 2022 17:52 WIB

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru yang Ampuh

Author   Digital Marketing

Ilustrasi resolusi tahun baru

Membuat resolusi tahun baru, seperti membuka lembaran baru untuk merencanakan banyak hal. Dengan membuat resolusi, Anda diharapkan mampu menyemangati diri sendiri dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Selain bisa menjadi penyemangat, resolusi juga bisa menjadi cara terbaik untuk menciptakan kebiasaan baru.

Jen A. Miller lewat artikelnya di New York Times menyebut, tahun baru bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengidentifikasi resolusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Tetapi, tidak semua orang mau membuat resolusi di tahun baru, karena perlu tekad dan keinginan kuat untuk melakukannya. Akan lebih efektif lagi, jika Anda melakukan evaluasi diri terlebih dahulu sebelum membuat resolusi baru.

Jika Anda pernah membuat resolusi dan berakhir wacana, bisa jadi ada beberapa alasan yang membuat resolusi gagal. Mengalami kegagalan itu adalah wajar.

Kalau resolusi tahun sebelumnya belum tercapai, Anda tidak perlu terlalu pesimis. Lakukan evaluasi, introspeksi dan refleksi diri. Analisis apa yang membuat resolusi gagal. Lalu, Anda bisa membuat resolusi tahun baru yang lebih efektif. Berikut ada beberapa tips membuat resolusi tahun baru yang terukur:

1. Detail, Jelas, dan Terukur

Agar resolusi tahun baru Anda dapat tercapai, buatlah daftar yang detail, spesifik, jelas dan terukur. Misalnya, Anda ingin menurunkan berat badan di tahun 2022 mendatang. Ketika menuliskan poin itu, cantumkan juga berat badan yang diinginkan, dan target waktu yang diharapkan. Selain spesifik dan detail, sesuaikan dengan kemampuan Anda, jangan terlalu memaksakan diri.

2. Buat Resolusi yang Relevan dan Realistis

Wajar jika ingin membuat resolusi yang hebat, seperti memulai kebiasaan baru, mencoba hal-hal baru lainnya. Tapi, penting juga untuk berpikir realistis. Tips membuat resolusi tahun baru agar tercapai ialah dengan resolusi yang relevan dengan diri kita. Jadi, sangat disarankan untuk melakukan introspeksi diri sebelum membuat resolusi, tujuannya, agar lebih memahami diri sendiri. Sehingga, resolusi yang dibuat tidak muluk-muluk.

Selain itu, perlu dicatat jika resolusi tidak harus ada perubahan signifikan. Anda bisa memulainya perlahan, asalkan tujuannya jelas. Misalnya, Anda ingin mempertahankan gaya hidup vegan seperti sebelumnya dan tidak ingin ada perubahan yang berarti, itu tidak masalah. Anda bisa membuat resolusi baru yang masih relevan dengan kebiasaan tersebut.

3. Beri Batasan Waktu

Tips membuat resolusi tahun baru selanjutnya ialah dengan mencatat resolusi dan memberi batasan waktu yang jelas. Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan sebanyak 5 kilogram, beri batasan waktu untuk mencapainya. Batasan waktu ini akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat mencapai target. Selain itu, batasan waktu juga akan menjaga fokus.

4. Catat dan Letakkan di Lokasi Strategis

Mencatat menjadi tahapan penting dalam membuat resolusi. Tanpa mencatat, Anda bisa saja melupakan apa yang ingin dicapai. Tak harus dalam buku, Anda bisa mencatat resolusi tahun baru di gawai atau laptop. Setelah tercatat rapi, letakkan di lokasi strategis yang mudah terlihat oleh Anda. Misalnya di meja belajar atau di dekat tempat tidur. Jika menuliskannya di gawai, Anda bisa membuat notifikasi di jam-jam tertentu sebagai pengingat.

5. Berkomitmen

Jika semua daftar sudah tercatat, Anda perlu berkata pada diri sendiri, “Ayo lakukan!” Melansir dari laman resmi Health Harvard, komitmen sangat diperlukan jika ingin resolusi yang dibuat tercapai. Mereka juga menyarankan untuk mengunggah resolusi ke media sosial agar mendapat banyak dukungan. Kalau Anda ingin membuat resolusi lebih personal, bisa mengikuti kelompok atau mencari orang yang memiliki tujuan yang sama.

6. Bersyukur dan Mengapresiasi Diri

Satu lagi tips membuat resolusi tahun baru Anda tidak wacana, yakni selalu bersyukur dan mengapresiasi diri atas pencapaian yang sudah dilakukan. Misalkan Anda memiliki resolusi menerapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga, dan sudah membuat daftar rencana. Jika sudah melakukan satu dari daftar yang dibuat, apresiasi diri dengan hal-hal menyenangkan, seperti membeli makanan enak atau menonton film yang menyenangkan.

Intinya, membuat resolusi tahun baru tidak harus muluk-muluk dan berlebihan. Buat resolusi yang relevan dengan rencana-rencana realistis. Jika membuat resolusi tak harus menunggu tahun baru, Anda bisa melakukannya kapan saja.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox