Home   Blog  
Menulis

  Wednesday, 14 December 2022 15:32 WIB

Tips Membuat Laporan Akhir Tahun yang Baik

Author   Digital Marketing

Ilustrasi laporan akhir tahun

Laporan biasa dibuat setelah suatu kegiatan selesai dilakukan. Jenis laporan pun ada berbagai macam, seperti laporan keuangan, laporan kegiatan dan masih banyak lagi. Dalam laporan berisi berbagai rincian, tidak hanya soal keuangan tapi juga keberlangsungan kegiatan. Tapi sayangnya, banyak orang menganggap menulis laporan itu kaku dan sangat formal. Padahal tidak semua laporan harus ditulis secara kaku. Baik itu laporan untuk perusahaan, atau laporan individu, bisa ditulis dengan lebih santai sesuai dengan permintaan dan konteks laporan.

Tujuan penulisan laporan adalah memberi tahu siapa saja yang terlibat dalam kegiatan, agar memahami bagaimana kegiatan berlangsung. Sehingga, orang-orang yang terlibat bisa melakukan evaluasi kegiatan dan membuat kegiatan yang lebih baik di kemudian hari. Perlu diingat juga, bahwa laporan tak melulu soal keuangan. Misalnya saja laporan kegiatan study tour yang dilakukan oleh pelajar, atau laporan pertanggungjawaban yang berfokus pada keberlangsungan acara.

Biasanya, laporan ditulis oleh perusahaan/lembaga/badan/organisasi untuk menyampaikan informasi yang mereka miliki, bisa untuk publik atau internal. Informasi-informasi ini bisa berupa alur keuangan, hasil penelitian, hingga temuan-temuan unik lainnya. Agar informasi itu tersampaikan dengan baik, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat laporan akhir tahun:

1. Data dan Informasi yang Related

Data menjadi bagian terpenting dalam membuat laporan. Data adalah keterangan yang nyata dan benar, yang dapat dijadikan dasar kajian, dan berisi informasi. Informasi itu bisa berupa teks, angka, grafis, gambar hingga suara. Laporan tanpa data hanya akan menjadi dokumen yang tak penting. Oleh karena itu, sebelum membuat laporan siapkan data dan informasi yang hendak dilaporkan.

Tips membuat laporan akhir tahun yang pertama ialah memperoleh data yang sesuai dengan kebutuhan. Data yang tepat akan menghasilkan informasi yang berguna bagi analisis dan mencari kesimpulan. Misalnya Anda ingin membuat laporan akhir tahun tentang keberlangsungan program tahunan, maka Anda harus mengumpulkan semua data terkait, seperti presensi kehadiran peserta, pengisi acara, hingga anggaran.

2. Penulisan yang Menarik dan Mudah Dipahami

Setelah mendapatkan data dan informasi yang related, tips membuat laporan akhir tahun yang tak kalah penting ialah soal penulisan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, laporan identik dengan penulisan yang kaku sehingga informasi yang terkandung di dalamnya sulit untuk dipahami. Padahal tujuan utama sebuah laporan adalah memberi tahu orang lain mengenai sebuah informasi. Apabila orang lain saja tidak bisa memahami laporan yang dibuat, artinya laporan gagal mencapai tujuannya.

Penulisan laporan tak jauh berbeda dengan menulis berita, sama-sama melaporkan informasi. Bedanya, laporan akhir tahun tidak memerlukan kaidah-kaidah jurnalistik. Jadi, jika ingin membuat laporan yang baik, tulis informasi dengan gaya penulisan yang santai tapi tetap formal. Untuk mengasah kemampuan menulis, Anda bisa memperbanyak bacaan, baik itu buku, berita atau fiksi, juga latihan menulis akan membantu.

3. Disiplin dan Tepat Waktu

Tips membuat laporan akhir tahun selanjutnya ialah disiplin dan tepat waktu dalam mengelola data dan menyusun laporan. Akan percuma jika laporan yang dibuat sangat baik, tapi melewati tenggat waktu yang sudah ditentukan. Laporan akhir tahun memang selalu disusun dan dibuat menjelang akhir tahun, tapi jika pengolahan data tidak disiplin sejak awal, justru akan merepotkan. Ketidakdisiplinan akan tampak pada hasil laporan karena penyusunan yang kurang rapi.

Untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan akhir tahun, Anda bisa mengikuti kelas-kelas yang diadakan Tempo Institute berikut ini. Lewat kelas-kelas ini, Anda dapat mengasah kemampuan menulis, baik itu menulis laporan, berita atau fiksi, menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. 

Kamu juga bisa belajar banyak membuat laporan efektif bersama ahlinya, lo jadi laporan kamu kemungkinan besar tidak akan kena komplain lagi.

Yuk, ikuti kelas Laporan Efektif di Tempo Institute!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox