// //
Home   Blog    Kiat
Pelatihan

  Thursday, 30 December 2021 20:47 WIB

Tips Keren Mengembangkan Diri di Tengah Pandemi

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Pengembangan Diri

Beragam penelitian menunjukkan bahwa hubungan positif antar makhluk hidup dan kesejahteraan, berperan bagi kelangsungan hidup. Selain itu, transenden diri dilaporkan melibatkan interaksi dengan orang lain, terutama keluarga. Selama masa pandemi yang memaksa Anda lebih banyak di rumah, sepatutnya Anda mulai mengembangkan diri. Tidak hanya memberi manfaat selama berdiam diri, juga baik bagi kesehatan jiwa.

Sebagai akibat dari social distancing, umat manusia saat ini mengalami ‘kesendirian’ yang tak disengaja. Ambil sisi positif ini dengan introspeksi diri, waktu untuk evaluasi prioritas pribadi dan sosial. Pahami kemampuan diri Anda yang patut dikembangkan. Berikut beberapa tips mengembangkan diri di tengah pandemi, antara lain:

1. Tingkatkan Kompetensi Diri di Era Pandemi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, menggelar diskusi publik bertajuk Masa Pandemi, Masanya Tingkatkan Kompetensi Diri secara daring, Senin (28/06), sebagai bentuk kegiatan dari pemerintah untuk mendorong peningkatan kompetensi masyarakat. Dalam diskusi publik itu, mengulas pentingnya meningkatkan kompetensi diri di masa pandemi Covid-19. Menurut mereka, akses dari berbagai bentuk layanan pendidikan, sepatutnya bisa diakses juga secara umum oleh masyarakat.

“Tidak hanya melulu pada pendidikan formal, pendidikan nonformal juga bisa menjadi alternatif pilihan dalam meraih kompetensi, salah satunya melalui kursus,” kata Abdul Malik, pakar pendidikan vokasi, dikutip dari laman resmi Kemendikbud.

Mengingat perkembangan teknologi saat ini, bagi masyarakat yang memiliki gawai, bukan hanya untuk bersenang-senang semata, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menggali kreativitas.

2. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dalam jurnal Nida Aghnia Maulida berjudul Pengembangan Diri di Tengah Pandemi Covid-19 sebagai Bagian Aktualisasi Nilai Bela Negara (2020), secara teori, pengembangan diri merupakan teknik meningkatkan kualitas hidup, serta memberikan kontribusi pada diri sendiri untuk menggapai harapan. Demi mendapatkan hal tersebut, diperlukan pengembangan bakat, kreativitas, minat, kompetensi, hingga kebiasaan baik dalam berkehidupan.

Penting bagi Anda untuk memahami kepribadian sendiri. Apalagi selama pandemi berlangsung, berdampak pada kondisi ekonomi, pendidikan, pekerjaan, dan tatanan sosial. Sesuaikan diri Anda dalam menghadapi ‘new normal’. Ditambah lagi, ketahui kemampuan diri Anda sendiri. Bakat dan minat yang bisa dikembangkan, serta menyesuaikan dengan kesukaan Anda. Ingat untuk tidak memaksakan diri untuk mencintai sesuatu, tapi jangan terlalu memanjakan diri berada di zona nyaman. Kembangkan potensi Anda. Seiring waktu, mulai jalin kembali hubungan baik dengan orang sekitar demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

3. Ikut Pelatihan Daring

Tips mengembangkan diri selanjutnya yang patut dicoba ialah mengikuti pelatihan secara daring. Apalagi bagi Anda yang tengah mencari lowongan pekerjaan, ingin terjun ke dunia bisnis, atau mencoba karier baru, dan banyak lagi. Sebelum salah memilih, Anda bisa mengikuti sejumlah pelatihan secara daring. Bagi Anda yang hendak terjun ke dunia bisnis, bisa melatih diri melalui beragam tips di internet dan tutorial di YouTube. Bahkan sejumlah pengusaha kenamaan pun kedapatan sering mengadakan pelatihan virtual.

Ditambah lagi, kini ada banyak job fair yang diadakan oleh beberapa perusahaan lewat pelatihan daring tersebut. Lantaran diadakan secara virtual, Anda cukup beruntung tidak harus pergi ke lokasi, lebih hemat waktu, dan bisa langsung melamar pekerjaan.

4. Bangun Ruang Diskusi

Setelah Anda merasa cukup memahami kemampuan diri, dan langkah serta rencana yang matang, ada baiknya Anda mencoba membuka ruang diskusi. Tak ada salahnya untuk meminta pendapat dengan berdiskusi bersama teman atau kerabat. Agar ruang diskusi luas, perbanyak relasi Anda. Tips mengembangkan diri di tengah pandemi ini tak hanya baik untuk mengasah kemampuan, tapi juga baik untuk jenjang karier Anda.

Saat berada di ruang diskusi, Anda tak perlu ragu menerima kritik dan masukan dari orang lain. Ambil sisi positif dari hasil diskusi yang di lakukan tersebut. Kemudian yang tak kalah penting, buat rencana cadangan. Jangan biarkan diri Anda terpuruk dengan salah satu ketidakpuasan atau kegagalan tertentu. Tetap hargai dan cintai diri Anda, lalu melangkah lagi.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox