// //
Home   Blog    Kiat  Menulis
Pengembangan Diri

  Friday, 29 April 2022 13:40 WIB

Tips Desain Grafik untuk Pemula Ala Adobe

Author   Digital Marketing

Ilustrasi seorang desainer grafik

Saat ini desain grafik menjadi salah satu skillset yang banyak dicari. Namun, sayangnya tidak semua orang tahu cara untuk memulai menjadi seorang desainer grafik. Walaupun banyak tutorial di YouTube atau di mana pun, para pemula kadang membutuhkan mentor.

Pada zaman digitalisasi saat ini, kamu masih bisa belajar desain secara mandiri atau otodidak. Tidak perlu butuh mentor yang kadang harus mengeluarkan biaya tambahan. Ada berbagai tutorial dari A sampai Z yang dapat kamu pahami.

Nah, ini ada beberapa tips desain gampang ala Adobe, penyedia perangkat lunak desain terkemuka, yang bisa kamu praktikkan di rumah. Pastikan kamu punya salah satu perangkat lunak desain, seperti Adobe Photoshop atau Illustrator.

1. Mengombinasikan shape yang ada 

Kombinasi shape yang tersedia merupakan salah satu cara untuk membuat desain yang lebih kompleks nantinya. Kamu harus bisa menguasai cara kombinasi shape tersebut agar bisa melangkah ke tahap-tahap desain yang lebih kompleks nantinya.

2. Menggambar dengan straight lines dan smooth curves

Nah, ada garis lurus dan kurva yang bisa menjadi salah satu komponen penting dalam suatu desain. Biasanya, desainer membuat sebuah desain yang menarik menggunakan bantuan garis lurus atau kurva agar desain yang dihasilkan proporsional dan presisi.

3. Membuat format teks yang indah sebagai pelengkap desain

Teks dan gambar bisa menjadi sebuah kombinasi desain yang bagus dan saling melengkapi. Apalagi kalau kamu ingin membuat poster. Pastinya, teks dan gambar menjadi dua komponen yang sangat penting.

Ketiga hal tadi merupakan hal yang pernah dibahas di salah satu MasterClass Tempo Media Week 2022 bersama Mas Erizqi, salah satu desainer grafik keren Tempo.co. 

MasterClass itu merupakan kerja sama antara Tempo Institute dan Mas Erizqi serta didukung oleh para sponsor, seperti ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Bank Mandiri, Sinarmas Land, McDonald’s Indonesia, dan Solaria, sehingga bisa berjalan lancar.

Jangan lewatkan rangkaian Tempo Media Week tahun-tahun selanjutnya, ya! Siapa tahu kamu bisa menjadi salah satu orang yang beruntung belajar dari para ahli yang keren dan hebat. 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox