// //
Home   Blog    Kiat  Komunikasi
Public Relations

  Sunday, 09 January 2022 12:06 WIB

Tips Ampuh Public speaking yang Berkesan

Author   Digital Marketing

Ilustrasi public speaking yang berkesan

Berbicara di depan umum, bagi sebagian orang mungkin sulit. Namun, ada sebagian orang yang sangat ahli dalam public speaking. Meski begitu, kemampuan ini dapat dipelajari oleh siapa saja. Memiliki tips ampuh public speaking yang berkesan akan membantu Anda dalam mengembangkan diri, baik di dunia profesional maupun personal. Karena, public speaking adalah kemampuan berkomunikasi lisan di depan banyak orang.

Jika public speaking dilakukan dengan baik, Anda akan lebih percaya diri, sehingga orang lain akan lebih mudah memahami maksud Anda, menimbulkan kesan yang baik, dan membuat orang yang mendengar percaya dengan apa yang Anda sampaikan.

Berlatih public speaking, bagi sebagian orang memang tak mudah, apalagi yang memiliki Social Anxiety Disorder (SAD), dan gangguan kecemasan lainnya. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan untuk mempelajari kemampuan ini. Anda bisa mencoba beberapa tips memukau audiens dengan public speaking yang berkesan berikut ini:

1. Mengenali Audiens

Tips yang pertama ialah mengenali siapa audiens atau komunikan Anda. Dengan memahami situasi mereka, maka akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Seperti yang disampaikan Marjorie North dari Harvard Division of Continuing Education (2020), mempelajari informasi dari audiens akan membantu Anda dalam menentukan pilihan kata, pola organisasi, juga tingkatan informasi.

2. Persiapan yang Matang

Tips memukau audiens dengan public speaking yang berkesan selanjutnya ialah dengan persiapan matang, salah satunya membuat kerangka pidato. Setelah mengenali audiens, persiapkan topik, tujuan umum, tujuan khusus, ide dan poin utama yang akan disampaikan. North menyarankan untuk membuat kerangka pidato menarik di 30 detik pertama, sehingga menarik perhatian audiens.

3. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami dengan Bumbu Humor

Dalam mempersiapkan kerangka pidato, gunakan bahasa yang mudah dipahami. Terlebih, jika Anda sudah mengenali audiens, Anda bisa menggunakan bahas yang sesuai. Misalnya Anda berpidato di depan teman kerja, maka bisa menggunakan bahasa formal yang santai. Berbeda jika berpidato di depan rapat besar bersama dengan petinggi perusahaan atau negara, maka Anda harus menggunakan bahasa yang jauh lebih formal.

North juga menyarankan untuk membumbui pidato dengan humor. Untuk menambahkan tips ini, Anda juga harus pandai mencari jokes yang sesuai dengan audiens. Karena inilah, mengenali audiens sangat penting ketika Anda ingin mendapatkan perhatian mereka.

4. Ambil Perhatian di Awal

Seperti yang disampaikan sebelumnya, 30 detik pertama adalah waktu yang sangat penting untuk menarik perhatian audiens. Jika di waktu itu Anda berhasil menarik perhatian, maka Anda bisa sedikit tenang untuk detik-detik berikutnya. North menyarankan untuk menggunakan anekdot menarik, atau kutipan yang relevan dengan topik.

Dari semua tips memukau audiens dengan public speaking yang berkesan di atas, yang paling penting ialah berlatih dan terus berlatih.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox