Home   Blog    Komunikasi  Menulis  Pengembangan Diri
Update

  Friday, 17 November 2023 10:56 WIB

Tips Ampuh Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Author   Digital Marketing

Ilustrasi membuat blog.

Blog menjadi salah satu media yang pernah berjaya di masanya karena platform ini menghasilkan uang yang banyak untuk pemiliknya. Sekitar awal tahun 2000, blog menjadi wadah untuk berbagi informasi yang mudah diakses dan gratis. 

Melansir dari Notre Dame of Maryland University, di tahun 2018 ada lebih dari 440 juta blog dari tiga platform, yaitu Tumblr, Squarespace dan WordPress. Jumlah itu belum termasuk Blogspot dari Google. Saking populernya blog saat itu, blog menjadi salah satu alat pemasaran sehingga pengguna blog bisa mendapatkan penghasilan dari menulis dan mengelola blognya.

Seiring perkembangan teknologi, fitur-fitur di blog juga bertambah. Bahkan blog menjadi pelopor kemunculan video blogging di tahun 2004 dengan kehadiran YouTube sebagai platform pendukung. Sehingga kegiatan blogging tidak hanya berupa teks dan gambar saja, tapi bisa berupa audio visual. Tapi sayangnya, perkembangan ini menjadi bumerang bagi blog, karena pengguna internet lebih tertarik dengan platform visual yang lebih eye catching, lebih mudah diakses dan lebih cepat, seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Walau sekarang pamor blog tak secerah dulu, masih ada banyak peminat blog yang aktif mengelola blog mereka. Berdasarkan data dari First Site Guide, ada sekitar 600 juta blog dan 7 juta unggahan blog setiap harinya, secara global. Ini menunjukkan jika blog masih memiliki tempat tersendiri bagi pengguna internet.

Blog menjadi alternatif pekerjaan, jika dikelola dengan baik, blog juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan. Ada beberapa tips membuat blog yang menghasilkan uang, seperti dari iklan, marketing afiliasi, menawarkan produk, membuka langganan, dan melakukan pelatihan. Selain itu, kini ada banyak perlombaan blog yang memberikan hadiah jutaan rupiah. Jadi, tidak ada alasan untuk meninggalkan blog, jika Anda sudah merasakan banyak keuntungannya. Bagi Anda yang ingin memulai blog, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Untuk memudahkan Anda mengelola blog, berikut tips membuat blog yang dapat menghasilkan uang:

  1. Menentukan Niche

Tips membuat blog yang menghasilkan uang ini sangat mudah untuk diterapkan. Pertama yang paling penting adalah menentukan niche. Niche adalah segmentasi pasar yang spesifik. Segmentasi pasar sangat penting dalam dunia marketing, dan bisa diterapkan dalam pembuatan blog. 

Segmentasi pasar terdiri dari tema, target audiens, hingga analisis kompetitor. Tips ini perlu diterapkan oleh pemula, karena menjadi dasar dalam pengelolaan blog. Dengan niche yang jelas, akan memudahkan diri Anda sendiri dalam menentukan apa saja yang ingin dibagikan melalui blog. Niche ini juga akan membuat kredibilitas blog meningkat dan membuat audiens lebih percaya. 

  1. Konsisten

Setelah menentukan niche, tips membuat blog yang menghasilkan yang selanjutnya adalah konsisten dalam membuat konten. Konsisten menjadi salah satu syarat algoritma di berbagai media. Pengguna harus bisa membuktikan bahwa akun yang dikelola asli dan aktif, sehingga harus konsisten.

Konten yang diunggah secara konsisten, harus mengikuti niche yang telah ditentukan. Sehingga, konsisten tidak hanya soal frekuensi unggah, tapi juga tema konten yang diunggah. Tapi selain itu, diperlukan kreatifitas, jadi konten yang dibuat akan lebih menarik dan bisa menggaet audiens baru.

  1. Pertimbangkan Konten Advertorial

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk membuat blog yang menghasilkan uang, iklan diperlukan. Tidak hanya iklan berupa brosur yang ditempel di dalam blog, tapi juga konten yang mengandung iklan, seperti konten advertorial. Menawari iklan melalui advertorial menjadi cara soft selling yang tepat untuk blog. 

Kini, ada banyak advertorial di blog yang juga memanfaatkan marketing afiliasi. Konten yang dibuat bisa berupa artikel, foto, atau video. Jenis konten ini bisa disesuaikan dengan permintaan mitra dan disepakati bersama. Jika berjalan rutin, bukan tidak mungkin Anda bisa membuat blog yang menghasilkan uang. 

  1. Manfaatkan Platform Lain untuk Promosi

Tips membuat blog yang menghasilkan uang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan platform lain, seperti Instagram, Facebook dan Youtube. Platform lain ini digunakan untuk memperkuat promosi blog, sehingga impresi meningkat dan menjangkau calon audiens baru. 

Kamu juga bisa belajar lebih dalam tentang berbagai jenis penulisan bareng Tempo Institute.

Yuk, ikuti dan daftar diri kamu di kelas selengkapnya di Menulis Opini: Menembus Meja Redaksi (tempoinstitute.com)!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox