Home   Blog    Kiat  Menulis
Pemasaran

  Saturday, 11 December 2021 13:11 WIB

Tiga Tips Copywriting Hebat dan Pas Ala Gary Halbert

Author   Tempo Institute

Photo by Airdone on Shutterstock

Seorang copywriter pasti memiliki keistimewaan dalam membuat copy. Biasanya mereka sudah punya tips dan trik tersendiri agar berbeda dengan copywriter lainnya.

Namun, kamu harus tahu ada beberapa tips dan trik dari copywriter terbaik sepanjang sejarah dan terkenal, Gary Halbert. Ia adalah copywriter yang bisa menghasilkan keuntungan hingga berjuta-juta dolar lewat copywriting-nya.

Ia memiliki beberapa tips untuk membuat copywriting lebih tepat dan pas untuk pemasaran sebuah produk. Tips ini bakal berguna banget untuk copywriter pemula, loh.

Siapkan Mindset yang Matang dan Tepat

Mindset adalah hal terpenting dalam membuat copywriting yang bagus. Semuanya berawal dari mindset. Karena hal ini bersifat fundamental, kamu harus bisa memilikinya sebelum membuat sebuah copywriting.

Ketika beberapa orang mengalami kesulitan, mereka pun sebagian ada yang berhenti. Namun, itu tidak akan terjadi jika kamu memiliki mindset yang hebat. Mindset tersebut bisa memengaruhi segalanya. Maka dari itu Gary Halbert selalu mengajarkannya untuk memiliki mindset sebelum memulai menulis

Cari Audiens yang “Lapar” 

Gary Halbert berprinsip cari dulu target pasar, lalu fokuskan pikiran pada sebuah produk. Target pasar ini menjadi ladang profit jika berhasil didapat. Kamu hanya tinggal memberikan mereka produk dengan copywriting yang pas dan tepat. 

Dalam bukunya, Gary Halbert pernah bercerita tentang permainan yang sering ia lakukan dalam beberapa seminar. Ia bertanya kepada audiens poin penjualan apa yang akan mereka pilih di saat mereka memiliki stand burger. Kebanyakan dari mereka menjawab daging yang enak, roti yang empuk, dan sebagainya.

Namun, menurut Gary, jawaban yang tepat adalah orang-orang yang kelaparan karena dengan begitu stand burger kamu akan ramai dan tidak perlu memikirkan daging atau tempat yang cocok menjualnya. 

Lebih SKSD (Sok Kenal, Sok Dekat) dengan Pelanggan Setia

“The way to deduce what people want to buy is to simply observe what they DO buy!”

Gary Halbert 

Ya, kamu harus mengetahui apa yang pelanggan kamu akan beli atau beli. Manusia memang tidak bisa diprediksi. Apa yang mereka katakan dan mereka lakukan seringnya berbeda.

Nah, di sinilah peran penting pelaku pasar untuk mengetahui apa yang sebenarnya para pelanggan ingin beli. Kamu bisa mempelajarinya lewat data, tren saat ini, ataupun kebiasaan membeli.

Tips ini juga penting untuk mencari audiens yang “lapar”. Kamu bisa mencari audiens tersebut dengan mengetahui apa yang mereka inginkan atau apa yang biasa mereka lakukan di saat membeli suatu produk.

Ketiga tips dari Gary Halbert barusan bisa banget langsung kamu praktikan. Tentunya, cara ini harus dilakukan secara rutin agar kemampuan copywriting kamu terus meningkat.

Selamat mencoba!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox