// //
Home   Blog    Kiat
Media Sosial

  Friday, 31 December 2021 20:52 WIB

Strategi Media Sosial Ciamik ala KPop

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Penampilan Konser BTS

Produk budaya Korea Selatan saat ini seolah mengambil pasar dan siap bersaing dengan Hollywood dalam kurun waktu yang terbilang singkat. Ternyata di balik pesatnya industri budaya populer Korea Selatan ini, ada strategi media sosial dan marketing yang ciamik, terstruktur, dan berani.

Jauh sebelum Korea Selatan keren dengan para idola artisnya, Euny Hong (Korean Cool, 2014) menyebut, “Korea sama sekali tidak keren pada 1985.” Sebagai negara yang masih berkembang, pada tahun 1965, pendapatan per kapitanya saja tidak lebih besar dari Ghana. Setelah melewati krisis ekonomi tahun 1997, pemerintah Korea Selatan memilih berinvestasi pada industri budaya dan hiburan.

Hong menyebut Korea telah menyiapkan mekanisme untuk mendominasi budaya populer sejak kemunculan WWW (World Wide Web), di awal 1990-an. Strategi ini cukup berani, mengingat saat itu dunia masih sibuk dengan urusan ekonomi yang terpuruk. Selain berinvestasi pada teknologi dan budaya, pelaku industri hiburan, budaya dan teknologi di Korea Selatan saat itu, mendapat dukungan dari pemerintah.

Saat ini, teknologi informasi semakin maju. Untuk mendukung promosi industri budaya populer yang telah di bangun, para pelaku industri hiburan di Korea Selatan memanfaatkan media sosial agar jangkauan audiensnya lebih luas. Namun perlu digaris bawahi, sebelum mencoba strategi ini, Anda sudah harus menentukan tujuan yang jelas dari akun Anda, misal untuk edukasi, hiburan, atau murni untuk berbisnis.

Berikut beberapa poin penting dalam strategi media sosial yang dilakukan para pelaku industri KPop untuk meningkatkan engagement:

1. Memanfaatkan Teknologi

Tidak hanya dikenal sebagai negara dengan KPop dan KDrama, Korea Selatan juga menjadi salah satu negara industri teknologi yang cukup mutakhir. Sebut saja berbagai merek seperti Samsung, Hyundai, Kia, dan masih banyak lagi. Selain itu, kecepatan internet di Korea Selatan juga tak main-main, negeri Ginseng ini ada di urutan kedua negara dengan kecepatan internet terbaik. Ternyata, untuk membangun kekuatan industri budaya yang besar, Korea juga memanfaatkan teknologi dengan baik.

Strategi media sosial yang pertama ini penting, karena di setiap pembuatan konten, peran teknologi sangat penting. Begitu pula para pelaku industri KPop yang selalu berinovasi dengan teknologi-teknologi mutakhir. Sebut saja SM Entertainment yang membuat video musik terbarunya dengan teknologi Virtual Reality yang sangat canggih. Anda bisa memanfaatkan teknologi dari fitur-fitur media sosial yang makin canggih untuk membuat konten yang berkualitas.

2. Memaksimalkan Berbagai Jenis Media Sosial

Dalam jurnal Korean Pop Takes Off! (Joonho Ahn, Sehwan Oh, Hyunjung Kim, 2013) menyebut, KPop berfokus ke beberapa media sosial tertentu, seperti Youtube, Facebook, dan Twitter. Setiap media sosial itu memiliki peran masing-masing. Seiring berkembangnya platform media sosial, kini bertambah lagi Weverse, VLive, dan Instagram. Youtube menjadi platform yang sangat potensial dan krusial hingga kini. Youtube digunakan untuk mempromosikan musik video, dan kini banyak idola KPop yang membuka kanal Youtube sendiri.

Tak hanya di Youtube, para idola KPop ini juga aktif di media sosial lain, seperti VLive, platform yang digunakan untuk siaran langsung, juga Weverse untuk berkomunikasi khusus dengan penggemar. Serta Instagram yang digunakan untuk menunjukkan sisi lain sang idola. Anda bisa meniru strategi media sosial ini jika ingin engagement meningkat. Caranya dengan mengaitkan satu platform media sosial satu dengan yang lain, dan memiliki tujuan masing-masing. Misal untuk mencari penonton kanal Youtube, Anda bisa menggunakan Instagram sebagai media promosi.

3. Rutin Mengadakan Acara

Strategi media sosial ala KPop yang paling berpengaruh soal engagement adalah adanya acara rutin. Tidak hanya siaran langsung lewat media sosial, tapi juga acara-acara interaktif lain, seperti fanmeeting dan konser. Dengan agenda rutin ini, para penggemar akan tetap setia menanti acara-acara selanjutnya, juga konten apa yang akan diunggah sang idola.

Cara ini bisa Anda lakukan dengan mengadakan siaran langsung dengan pengikut di media sosial. Anda juga bisa membuat perencanaan konten, agar terunggah secara rutin. Interaksi dengan pengikut lewat acara-acara ini penting untuk meningkatkan bonding dan kepercayaan pengikut.

4. Membuat Konten Eksklusif

Masih dalam jurnal Korean Pop Takes Off! ini, tidak hanya acara rutin saja yang membuat akun-akun media sosial pelaku KPop terus meningkat, tapi juga soal ide konten mereka. Misalnya saja saat grup 2NE1 akan merilis album baru mereka tahun 2011, label musik mereka, YG Entertaiment membuat konten eksklusif berupa artwork yang berkaitan dengan lagu baru 2NE1 itu. Dan mereka mengunggahnya sebagai konten eksklusif di berbagai media sosial mereka.

Anda juga bisa menerapkan strategi media sosial ini, caranya dengan membuat konten edisi khusus yang menarik. Temukan ide untuk membuat konten terkesan misterius, tapi tetap sesuaikan dengan tujuan akun Anda.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox