Home   Blog  
Pelatihan

  Tuesday, 13 September 2022 13:05 WIB

Skeptis dalam Menilik Laporan dan Data

Author   Tempo Institute

taras-shypka-iFSvn82XfGo-unsplash-1-800x600

Pekerjaan auditor memiliki kesamaan dengan seorang jurnalis investigasi, yakni bekerja menelusuri dokumen dengan skeptis dan independen. Sikap ini menjadi modal untuk memastikan kesesuaian prosedur, tak ada kecurangan atau penyalahgunaan wewenang dalam operasional perusahaan. 

Sayangnya tidak banyak yang memiliki keahlian itu. Praktik yang kerap terjadi adalah gagasan atau temuan kecurangan tidak disampaikan secara runut, maupun penempatan tanda baca yang keliru. Akibatnya kalimat dalam laporan audit menjadi sulit dipahami. Kegagalan mengomunikasikan hasil audit bisa berbuntut panjang.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sangat mengerti permasalahan ini. Untuk itu, mereka menggaet Tempo Institute (TI) untuk melatih kemampuan penulisan sintesis dan visualisasi data dari sebuah laporan bagi para stafnya.

Pelatihan bersama TI dilaksanakan mulai 1-11 Agustus 2022 dengan pelatihan yang berbeda, tetapi berfokus pada penulisan sintetis dan visualisasi data. Para peserta pun diajarkan oleh mentor-mentor yang berpengalaman dari Tempo Media Group, antara lain Moerat Sitompul, Philipus Parera, dan Uksu Suhardi.

Para peserta pun mengikuti pelatihan dengan seksama sehingga mereka bisa memahami materi yang disampaikan oleh mentor-mentor tadi. Keseruan pelatihan diisi dengan permainan seru agar suasana tidak terlalu kaku.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox