Home   Blog    Jurnalisme  Komunikasi  Media Massa
Menulis

  Wednesday, 06 September 2023 21:11 WIB

Pentingnya Siaran Pers dalam Dunia Bisnis

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Siaran Pers

Pentingnya siaran pers menjadikan hal tersebut dibutuhkan dari hari ke hari untuk mengomunikasikan bisnis ke publik. Siaran pers adalah pernyataan resmi yang disampaikan kepada jurnalis atau media berita, bertujuan memberikan informasi, pernyataan resmi, atau membuat pengumuman. Dalam istilah yang lebih sederhana, siaran pers adalah cara untuk berbagi cerita dengan media.

Meski definisi tersebut kini agak bergeser karena perkembangan teknologi, intinya siaran pers adalah tentang komunikasi. Penggunaan siaran pers pertama kali digunakan oleh perusahaan kereta api di New Jersey, pakar publisitas Ivy Lee mengeluarkan siaran pers untuk memberikan pernyataan terkait kecelakaan kereta api pada 1906 yang kemudian disiarkan oleh The New York Times.

Di era digital marketing, siaran pers semakin dibutuhkan sebab perusahaan terkait dapat menarget konsumen secara spesifik dibantu dengan kata kunci atau SEO secara menyeluruh.

Setiap bisnis ingin menjadi kredibel. Konsumen melihat siaran pers sebagai sumber informasi yang terpercaya menurut cision.com. Berikut pentingnya siaran pers dalam dunia bisnis, antara lain:

1. Meningkatkan Citra Merek

Karena kini begitu mudah mempublikasikan dan mendistribusikan siaran pers, perusahaan mudah mengirimkan siaran pers sebanyak yang mereka inginkan. Menerbitkan lebih banyak siaran pers, menjadi cara yang baik untuk meningkatkan citra merek perusahaan.

2. Gambar Membantu Mendorong Minat

Siaran pers sekarang menyertakan gambar, video, dan multimedia lainnya, yang berarti Anda dapat menyampaikan pesan dan berita dengan cara lebih menarik daripada sebelumnya.

3. Distribusi Instan secara Global

Sebelum siaran pers online menjadi hal yang umum, kebanyakan siaran pers hanya dikirim ke wartawan. Jika tidak dianggap layak disebut pers, siaran pers akan terbengkalai di map, di meja seseorang atau di lobi gedung. Sekarang siaran pers dapat didistribusikan ke jutaan orang di seluruh dunia secara instan melalui email dan media sosial.

4. Memperluas Pengetahuan Masyarakat

Dengan menambahkan tautan ke halaman Web lain dalam siaran pers, perusahaan dapat mengarahkan pembaca ke lebih banyak informasi tentang apa yang mereka lakukan.

5. Meningkatkan Lalu Lintas Mesin Pencari

Siaran pers yang ditulis dengan baik menggunakan praktik terbaik SEO memungkinkan mesin pencari menemukan, mencocokkan, mengindeks, dan memberi peringkat pada siaran pers. Dengan 63.000 pencarian per detik, memiliki siaran pers peringkat tinggi di Google dan mesin pencari lainnya memberikan paparan yang lebih baik kepada pelanggan saat ini dan masa depan.

6. Meningkatkan Aktivitas Humas

Jika siaran pers faktual dan tepat waktu, itu dapat diambil oleh reporter dari media berita atau orang lain yang tertarik dengan topik tersebut. Artinya, ini merupakan kesempatan untuk lebih banyak publisitas dalam bentuk radio, wawancara televisi, kutipan dalam artikel surat kabar dan kegiatan PR lainnya.

7. Cara untuk Menghadapi Krisis

Terakhir, pentingnya siaran pers berkisar pada komunikasi krisis. Siaran pers bisa menjadi alat yang berguna saat terjadi kesalahan, pihak perusahaan atau instansi mendapat kesempatan untuk bercerita terlebih dahulu.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox