Home   Blog    Jurnalisme
Komunikasi

  Monday, 15 May 2023 14:32 WIB

Berpikir Kritis dalam Kehidupan Sehari-hari

Author   Digital Marketing

Ilustrasi berpikir kritis

Manusia dianugerahi otak yang memiliki kemampuan untuk berpikir. Tak hanya saat belajar atau bekerja, berpikir itu bisa kapan saja. Bahkan saat Anda berada di kamar mandi ataupun saat bersiap tidur di atas kasur. Mulai dari berpikir tentang hal yang prosedural soal bagaimana urutan membersihkan diri saat mandi, hingga pikiran-pikiran yang penuh fantasi dengan membayangkan hal-hal imajinatif. Agar cara berpikir lebih terstruktur, rasional dan logis, terlebih ketika menghadapi sebuah masalah, manusia harus bisa berpikir secara kritis atau critical thinking.

Meski terdengar cukup rumit, ada banyak sekali manfaat dalam berpikir kritis. Tanpa disadari, berpikir kritis sudah diterapkan sejak sekolah dan berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Melansir dari buku The Smartest Kids in The World (Amanda Ripley, 2021), menyebutkan jika di beberapa negara yang tersebar di seluruh dunia, hampir semua anak belajar berpikir kritis dalam matematika, membaca, dan sains. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari, karena memiliki manfaat berikut ini:

  1. Membantu Mengambil Keputusan yang Tepat

Hampir setiap hari, kita dihadapkan dengan berbagai persoalan, tidak hanya persoalan akademik saja, tapi juga persoalan hidup yang menyangkut dengan membuat keputusan. Membuat keputusan yang tepat memang tidak mudah, itulah mengapa penting untuk berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berpikir kritis, kita dapat mempertimbangkan faktor-faktor yang relevan, dan dapat membantu kita dalam evaluasi informasi yang ada. Sehingga, proses pembuatan keputusan berdasarkan pada fakta dan informasi yang telah dianalisis dengan baik.

  1. Memudahkan Menyelesaikan Masalah

Tidak hanya soal pengambilan keputusan yang tepat, berpikir kritis juga dapat membantu kita menyelesaikan masalah. Berpikir kritis akan memandu kita untuk menyusun informasi dengan logika yang cermat, sehingga masalah bisa diurai dan dicari penyelesaiannya. 

  1. Terhindar dari Penipuan dan Kebohongan

Berpikir kritis juga membantu kita terhindar dari penipuan dan kebohongan, karena sudah terbiasa untuk menganalisis sebuah informasi terlebih dahulu. Sehingga, saat mendapat informasi hoaks atau menghadapi tindak penipuan, skeptis akan muncul dan mempertanyakan kebenaran dari informasi yang diperoleh. Ini menjadi salah satu poin penting menerapkan berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Mengembangkan Kreativitas

Tidak hanya soal penyelesaian masalah saja, berpikir kritis juga dapat mengembangkan kreativitas. Yang dimaksud kreativitas di sini adalah menemukan solusi baru dari hasil analisa dan evaluasi informasi yang ada. Sehingga, solusi yang dihadirkan lebih beragam, inovatif, kreatif dan rasional.

  1. Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi

Satu lagi poin pentingnya menerapkan berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mampu meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Berpikir kritis membantu kita memahami sesuatu secara terstruktur dan rasional, sehingga mampu menciptakan argumen yang logis. Dengan begitu, keterampilan berkomunikasi akan lebih berkembang, terlebih jika ditambah dengan kemampuan public speaking yang baik, maka akan lebih meyakinkan.

Selain kelima manfaat pentingnya menerapkan berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari di atas, masih ada lagi keuntungan lain yang bisa diperoleh. Kemampuan berpikir kritis akan membuat diri Anda lebih dipercaya, apalagi dalam menyelesaikan sebuah masalah. Kemampuan ini juga mempermudah Anda dalam belajar dan bekerja. Tapi tak perlu khawatir, berpikir kritis dapat diasah lewat membaca, berdiskusi dan masih banyak lagi.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox