Home   Blog    Jurnalisme
Menulis

  Friday, 11 February 2022 10:53 WIB

Menggali Ide untuk Menulis Gaya Hidup yang Menarik

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Gaya Hidup

Ada kalanya menulis gaya hidup itu mudah, tetapi di sisi lain menulis bisa menjadi sulit. Kesulitan menulis gaya hidup yang menarik biasanya dikarenakan tidak memiliki ide. Membaca tips menulis terkadang kurang membantu jika tidak bisa mengembangkannya. Tidak dapat dipungkiri, ide sangat penting dalam menulis, dan bukan hanya untuk menulis gaya hidup saja. Semua jenis tulisan membutuhkan ide yang matang.

Untuk menemukan ide, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Laman Word Counter menyebut, membaca buku, menonton film, membaca majalah, memperhatikan perilaku orang, hingga mendengarkan musik, bisa menjadi jalan untuk menggali ide menulis. Jika diartikan secara harfiah, ide berarti pemikiran, tujuan, rencana atau konsep untuk mencapai tujuan.

Oleh karena itu, sebelum mencari ide, tanyakan terlebih dahulu untuk apa Anda mencari ide? Jika pertanyaan tersebut sudah terjawab, Anda akan lebih mudah menemukan ide yang sesuai. Bahkan, terkadang, ide bisa muncul di saat tak terduga. Pernahkah Anda sedang duduk di dalam bus, tiba-tiba muncul ide untuk menulis tentang desain bus kota dengan posisi kursi yang berhadapan. Atau mungkin menulis tentang orang-orang yang memilih naik bus karena mereka menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Namun, ide yang spontan seperti itu tidak bisa datang setiap saat. Untuk itu, perlu menggali ide dengan cara lain, di antaranya cara berikut ini:

1. Mencari Informasi Sebanyak Mungkin

Menggali ide untuk menulis gaya hidup bisa dimulai dengan mencari informasi sebanyak mungkin. Anda bisa mencari informasi dengan membaca buku, atau mencari di internet tentang apa yang ingin dibahas. Sebelum mencari informasi sebanyak mungkin, batasi dengan tujuan yang sudah ditentukan di awal sehingga tidak membuat Anda kebingungan. Misalnya Anda ingin menulis tentang gaya hidup ramah lingkungan. Secara tema, Anda sudah menemukannya, tapi itu masih garis besar.

Agar tulisan menjadi lebih menarik, cari ide atau gagas pokoknya. Cari sebanyak mungkin, informasi mengenai gaya hidup ramah lingkungan. Anda bisa saja menemukan informasi lain, seperti gaya hidup ramah lingkungan mencakup banyak aspek seperti soal pemilihan pakaian yang sustainable, menu makanan yang propangan lokal karena minim emisi, hingga pilihan transportasinya yang rendah karbon. Anda bisa mengambil salah satu dari ide tersebut.

2. Mulai dari Terdekat

Terkadang berpikir terlalu jauh, membuat pikiran buyar dan tidak fokus. Padahal, Anda bisa mencari ide mulai dari lingkungan terdekat. Jika sudah mentok, cobalah berkeliling di sekitar rumah, atau lihat sekeliling rumah. Jika jeli, Anda bisa saja menemukan hal-hal yang baru Anda sadari.

Misalnya saja Anda berjalan di lingkungan rumah yang berada di kompleks, Anda akan mendapati susunan rumah yang mirip. Mengapa orang-orang mau tinggal di kompleks perumahan yang tak terlalu besar dan hampir tak ada halaman depan. Jawabannya akan sangat beragam. Dari pertanyaan itu, Anda bisa menulis tentang gaya hidup masyarakat urban yang tinggal di kompleks perumahan.

3. Menyusun dan Menyeleksi Ide

Tips menggali ide untuk menulis gaya hidup selanjutnya ialah dengan menyusun ide yang sudah dikumpulkan, lalu menyeleksinya. Langkah ini mirip dengan brainstorming. Eliminasi ide yang tidak sesuai tujuan awal menulis. Anda juga bisa meminta bantuan rekan untuk ikut mengeliminasi ide yang menarik dan mana yang kurang.

Masih banyak ide menulis gaya hidup yang bisa digali karena gaya hidup sangat dekat dengan kehidupan masyarakat dan makin beragam, seiring perkembangan zaman.

Kamu juga bisa belajar menulis feature gaya hidup bersama ahlinya sehingga tercipta tulisan yang menarik dan diminati membaca.

Yuk, cek selengkapnya kelas Teknik Menulis Feature ala TEMPO di Tempo Institute!

Selamat mencari ide menulis!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox