// //
Home   Blog    Jurnalisme  Komunikasi  Media Massa  Media Sosial  Menulis
Pengembangan Diri

  Thursday, 07 April 2022 11:58 WIB

Mengembangkan Potensi Bersama Tempo Institute

Author   Tempo Institute

Pelatihan Penyegaran Jurnalistik bersama Kementerian Keuangan RI tahun 2021

Di zaman digital seperti saat ini, akses untuk mengembangkan dan menggali potensi lewat kelas belajar makin mudah dan terbuka lebar. Kini, siapa saja bisa mengikuti kelas belajar secara online atau daring. Seperti kelas belajar dan pelatihan yang diadakan oleh Tempo Institute.

Tempo Institute merupakan sayap TEMPO Inti Media Group yang berfokus pada pengembangan jurnalistik, media dan komunikasi. Tempo Institute juga kerap menggelar berbagai kegiatan edukatif, seperti mengadakan pelatihan di bidang jurnalistik, media, riset, komunikasi, penerbitan hingga soal konten digital. Tak hanya itu, dalam setiap kelas dan pelatihannya, Tempo institute menggandeng mentor berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Metode pelatihan yang digunakan dalam kelas belajar Tempo Institute adalah metode Pendidikan Orang Dewasa (POD) yang dilakukan dalam suasana gembira. Dengan metode ini, mentor akan mengelaborasi pengalaman menulis dengan apa yang dibutuhkan peserta, sehingga kelas jadi lebih efektif.  Dengan begitu diharapkan ada pengetahuan yang mengendap dalam benak peserta kelas belajar. Saat pelatihan, para peserta akan melalui tiga, yaitu: menambah pengetahuan, menumbuhkan sikap, dan meningkatkan keterampilan, sebagaimana dijelaskan dalam skema strategi pembelajaran Karen Lawson (1977).

Tidak melulu soal jurnalistik dan penulisan, kelas belajar dan pelatihan di Tempo Institute mancakup banyak bidang. Misalnya saja Kelas Intensif Daring: Membangun Cerita dalam Presentasi, Kelas Sehari: Optimasi Kata Kunci (Keyword) untuk Media Online, dan banyak lagi lainnya. Selain kelas-kelas belajar yang dibagi menjadi: Kelas Daring, Kelas Offline, dan Kelas Griyaan, ada banyak pelatihan, webinar hingga workshop yang diadakan oleh Tempo Institute. Tak hanya yang berbayar saja, Tempo Institute juga kerap membuka kelas gratis dan bekerja sama dengan mitra yang disesuaikan dengan kebutuhan materi pembelajaran.

Mengembangkan diri dengan mengikuti kelas, seperti kelas belajar dan pelatihan yang diadakan oleh Tempo Institute memiliki banyak manfaat. Montgomery College lewat laman akademik resminya menjabarkan setidaknya ada sepuluh keuntungan mengikuti kelas atau kursus belajar secara online, di antaranya; lebih nyaman, fleksibel, lebih mudah memperhatikan peserta secara individu, menambah jejaring baru yang memiliki persamaan minat, menambah keterampilan secara nyata, tak perlu mendatangi mentor, pembelajaran yang lebih long-last, memiliki keuntungan finansial, menjadi lebih disiplin dan juga cakupannya global.

Berdiri pada 21 Mei 2009, Tempo Institute sudah menggelar berbagai kegiatan, seperti serial pelatihan jurnalistik, media, komunikasi, riset, penerbitan, serial video dan podcast, diskusi, seminar hingga festival, serta pengembangan jejaring berbagai elemen. Tempo Institute hadir dengan berbagai pilihan kelas belajar, pelatihan, diskusi, seminar dan workshop, yang dapat dilihat di sini. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, di tengah persaingan dunia kerja yang semakin ketat, mengembangkan diri dengan berbagai kemampuan menjadi sangat penting.

Untuk mencari tahu dan mendaftar berbagai kegiatan yang diadakan oleh Tempo Institute, Anda bisa membukanya lewat link berikut ini. Atau mengikuti kabar terbaru dari kami di akun Instagram Tempo Institute.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox