Home   Blog    Agenda  Pelatihan  Pengembangan Diri
Produktivitas

  Saturday, 09 July 2022 09:22 WIB

“Membuat” Infografik Keren Bersama Kementerian ESDM

Author   Digital Marketing

Suasana pelatihan infografik bersama Kementerian ESDM di Graha Tempo

Di era yang serba bergegas, infografik menjadi jurus jitu mencuri perhatian. Penelitian menunjukkan, manusia adalah makhluk visual. Sebanyak 70 persen reseptor sensorik ada di mata, dan hampir 50 persen otak kita terlibat dalam proses visual. Maka, manusia mampu memahami infografik hanya dalam 1/10 detik.

TEMPO menangkap kelebihan itu sejak 1980-an. Saat itu TEMPO kerap menggunakan gambar untuk menjelaskan sebuah peristiwa agar mudah dipahami.

Kini, kebutuhan infografik tidak semata untuk kepentingan jurnalistik. Dengan ilmu ini, hampir semua instansi mengemas informasinya secara visual agar menarik untuk menggaet pembacanya.

Maka dari itu, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral menggandeng Tempo Institute untuk belajar membuat infografik yang keren dan tepat untuk menyebarkan informasi.

Pelatihan ini diadakan selama dua hari dari 30 Juni-1 Juli 2022 di Graha Tempo, Palmerah Barat. Pelatihan ini pun dihadiri oleh 16 orang peserta yang antusias. Untuk pengajarnya pun sangat berpengalaman, antara lain Moerat Sitompul, Kepala Multimedia dan Digital Tempo, dan Yosep Suprayogi, pemimpin redaksi Teras.id.

Pelatihan ini pun dimulai dengan hal yang fundamental. Mulai dari tujuan, menyusun pesan kunci, dan tips desain. Hal ini dilakukan untuk membuat pikiran peserta pelatihan agar lebih siap dan kreatif dalam membuat infografik yang tepat nantinya.

Materi selanjutnya ada pengolahan data dan penentuan chart infografik yang relevan. Nah, ini sangat penting untuk menjadi perhatian pembuat infografik. Jangan sampai pilih chart yang tidak sesuai dengan data yang ada. Nantinya, infografik malah rancu dan tidak jadi bermanfaat untuk pembaca.

Terakhir, ada materi perancangan tabel kerja infografik. Dalam materi ini diajarkan angle, outline, dan visualisasi dalam membuat infografik.

Pelatihan ini diakhiri dengan praktik untuk membuat infografik dalam Microsoft PowerPoint. Dalam praktiknya, PowerPoint digunakan untuk mengoptimalkan infografik yang akan dibuat nantinya.

Kamu tertarik juga untuk mengikuti kelas membuat infografis bersama ahlinya?

Yuk, cek kelas selengkapnya di kelas daring Merancang Infografis, Menampilkan Data dengan Menarik!👇🏻

https://tempoinstitute.com/course/detail/Merancang-Infografis

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox