Home   Blog    Agenda  Pelatihan
Pengembangan Diri

  Thursday, 14 July 2022 19:25 WIB

Kominfo Mempersiapkan Fresh Graduate Berkualitas

Author   Tempo Institute

tempo9

Program Fresh Graduate Academy (FGA) adalah salah satu program digital talent scholarship dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para fresh graduate di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Bekerjasama dengan Tempo institute, Digitalent Kominfo memberikan dua pelatihan intensif kepada 500 peserta fresh graduate (FG). Pelatihan ini berlangsung dari 30 Mei-3 Juni 2022

Kelas Jurnalisme Data dan Visualisasi Data

Ahli statistik asal Inggris, William Edwards Deming, pernah berujar, tanpa data kita hanyalah seseorang dengan sebuah pendapat. Maka dari itu, tujuan diadakannya Kelas Jurnalisme Data dan Visualisasi Data adalah peserta mampu mentransformasikan data konvensional menjadi data visual yang menarik dan akurat.

Cara pengajaran kelas ini menggunakan metode blended learning. Peserta akan belajar secara mandiri dahulu, lalu nanti bertanya dalam webinar penyegaran, dan terakhir ada sesi mentor langsung untuk konsultasi terbuka bagi peserta.

Dalam kelas ini, peserta belajar mencari dan mengolah data untuk pemberitaan, merancang infografik yang tepat, dan membuat infografik. 

Para peserta belajar bersama ahli-ahli yang sudah berpengalaman, antara lain Utami Diah Kusumawati, Annisa Mutia, Yosep Prayogi, dan Moerat Sitompul. Para ahli tersebut ada yang menjadi data driven storytelling lecturer, jurnalis data, dan Kepala TEMPO Media Lab.

Kelas Teknik Penulisan dan Optimalisasi SEO

Tujuan Kelas Teknik Penulisan dan Optimasi SEO adalah peserta dapat menulis informasi (berita) yang menarik, enak dibaca, dan mudah ditemukan di hasil pencarian Google.

Dalam kelas ini, peserta belajar dasar jurnalistik, perencanaan menulis berita, dan Kode Etik Jurnalistik. Tiga komponen penting ini tentunya akan berguna untuk peserta nantinya dalam mempraktikkan praktik jurnalisme di lapangan.

Dalam kelas ini bahkan ada dua sesi langsung bersama pengajarnya, Rini Kustiani. Dalam sesi belajar langsung itu, Rini Kustiani mengajarkan perencanaan dan menggali bahan berita dan teknik penulisan berita mulai dari judul hingga isinya.

Di sisi SEO-nya, peserta juga diajarkan cara mengoptimalkan SEO untuk penulisan. Hal ini akan berguna untuk mereka ketika nanti menulis berita. Tulisan mereka bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Dua kelas yang diselenggarakan secara daring ini berjalan sukses dengan tingkat penyelesaian tertinggi dari pesertanya. “Saya mendapatkan banyak pengetahuan dari mentor-mentor yang berpengalaman,” ujar Fitri Amalia Sari, peserta pelatihan FGA. 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox