Home   Blog  
Media Sosial

  Tuesday, 08 August 2023 18:38 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Baru, Threads

Author   Digital Marketing

Ilustrasi aplikasi Threads milik Meta

Aplikasi baru Threads yang diluncurkan oleh Meta pada awal Juli 2023 lalu memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan dan kekurangannya mungkin disebabkan oleh versi awal dari aplikasi ini.

Perkembangan pesat ini sebanding dengan semakin banyaknya jenis media sosial dengan berbagai fitur yang menarik. Terbaru, Meta, perusahaan teknologi yang menaungi Facebook dan Instagram, meluncurkan platform media sosial baru yang bernama Threads pada awal Juli 2023 lalu. Peluncuran platform baru mereka ini bersamaan dengan isu perubahan fitur Twitter yang dikeluhkan para penggunanya.

Sejak Elon Musk membeli Twitter, pada Oktober 2022, banyak perubahan yang dilakukan, salah satunya yang sempat bikin geger, adalah pembatasan dalam membaca tweet. Karena itu, para pengguna Twitter mengeluh dan mengaku kecewa. Di saat yang hampir bersamaan, Threads muncul, seolah memberi alternatif bagi para pengguna Twitter yang kecewa ini. Sontak, para pengguna Twitter berbondong membuat Threads yang tersambung dengan Instagram.

Di pekan pertama peluncurannya, CEO Meta, Mark Zuckerberg, menyebut jika pengguna Threads mencapai 100 juta akun. Ini menjadikan Threads sebagai aplikasi dengan pertumbuhan paling cepat sepanjang masa, menurut laporan firma analisis traffic Similar Web. 

Kelebihan Threads 

Lewat laman resmi Facebook, Zuckerberg menyebut Threads merupakan aplikasi yang dibuat oleh Tim Instagram. Ia juga menyebut, Threads diharapkan mampu memberi ruang bagi penggunanya lewat teks. Seperti yang diketahui, Instagram adalah platform bagi audio visual, sehingga penggunaan teks dirasa kurang optimal. 

Kemunculan Threads menjadi angin segar bagi para pengguna Instagram yang ingin menggunakan teks dan melakukan perbincangan lebih leluasa. Berikut beberapa kelebihan Threads:

  1. Terhubung Langsung dengan Instagram

Threads bagian dari karya Tim Instagram Meta, sehingga mereka membuat aplikasi ini terhubung langsung dengan Instagram. Ini membuat pengguna lebih mudah mendaftarkan akun baru Threads jika sudah memiliki akun Instagram. Selain itu, pengguna juga akan langsung terhubung dengan orang-orang yang diikuti di Instagram. Sehingga, segala apa yang ada di akun Instagram pengguna, akan terbawa ke akun Threads. Walau begitu, pengguna tetap memiliki opsi untuk mengubah profil di Threads.

  1. Fitur Unggah Konten Audio Visual

Meski berbasis teks, Threads juga memiliki fitur untuk mengunggah konten audio visual, seperti foto dan video. Dalam rilis di laman resmi Facebook, menyebutkan jika pengguna Threads bisa mengunggah tulisan berupa teks dengan panjang 500 karakter. Selain itu, pengguna juga bisa mengunggah foto dan video dengan durasi hingga lima menit.

  1. Kompatibel dengan Interoperable Network

Satu lagi kelebihan Threads yang disebut belum dimiliki sebagian besar media sosial saat ini, yaitu kompatibel dengan Interoperable Network. Threads terhubung dengan Activity Pub, protokol jejaring sosial buatan World Wide Web Consortium (W3C). Ini membuat Threads bisa dioperasikan lewat aplikasi yang terhubung dengan protokol Activity Pub (Mastodon dan WordPress). Sehingga, orang yang tidak memiliki akun Threads tetap bisa berinteraksi dengan akun Threads. 

Kekurangan Threads

Meski sempat bikin geger dunia maya, terutama para akun Twitter yang sedang mencari alternatif media sosial lain, Threads mengalami penurunan pengguna aktif di pekan-pekan selanjutnya. Menurut laporan dari firma intelijen, Endgadget, Threads mengalami penurunan jumlah pengguna aktif harian. 

Banyak pengguna media sosial mengeluhkan beberapa kekurangan Threads yang membuat menurunnya minat pengguna. Berikut di antaranya:

  1. Algoritma Mirip Instagram

Selain menjadi kelebihan, terhubung dengan Instagram menjadi kelemahan Threads. Selama ini, banyak pengguna media sosial yang kerap membandingkan Instagram dan Twitter sebagai platform yang berbeda. Instagram dipenuhi oleh influencer, dan algoritma yang dimiliki Threads mirip dengan Instagram sehingga didominasi oleh influencer dan brand. Kondisi ini mungkin tidak terlalu nyaman bagi sebagian pengguna media sosial berbasis teks.

  1. Fitur Hapus Akun

Satu lagi fitur yang dikeluhkan pengguna Threads, yakni tidak ada fitur untuk menghapus akun. Sehingga, apabila ingin menghapus akun Threads, maka Anda harus akun Instagram juga. Ini menjadi salah satu kekurangan Threads dibanding aplikasi media sosial lain.

  1. Belum Memiliki Beberapa Fitur yang Diharapkan Pengguna 

Selain fitur hapus akun, masih ada beberapa fitur yang dirasa kurang oleh para pengguna. Yaitu tidak adanya fitur pesan pribadi dan tidak ada fitur untuk mengubah username. Keberadaan dua fitur sebenarnya cukup vital, karena pengguna pasti menginginkan ruang privat di mana tidak semua orang bisa melihat apa yang dibicarakan. Juga pengguna pasti ingin membuat nama pengguna mereka sesuai keinginan, bukan nama yang sudah ditentukan oleh aplikasi seperti yang dilakukan Threads.

Setiap aplikasi media sosial, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga Threads. Anda bisa memilih aplikasi media sosial sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Threads mungkin bisa menjadi pilihan bagi 4,62 miliar pengguna media sosial secara global.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox