// //
Home   Blog    Kiat  Pelatihan
Pengembangan Diri

  Sunday, 16 January 2022 13:53 WIB

Karakteristik Media Massa yang Wajib Dipahami

Author   Digital Marketing

Ilustrasi Media Massa

Media sosial dan media massa perlahan menjadi bagian integral dari kehidupan manusia sehari-hari. Keduanya memiliki pengaruh besar bagi tiap individu di seluruh dunia. Namun, media sosial dan media massa memiliki karakteristik yang berbeda. Media massa merujuk pada teknologi media yang digunakan untuk menyebarkan informasi ke khalayak luas.

Media massa telah ada dan dibutuhkan oleh manusia sejak lama. Selain untuk menyampaikan informasi, media massa juga dimanfaatkan oleh sebagian besar perusahaan untuk memperkenalkan merek dagangnya.

Seiring perkembangan zaman, media massa turut mengalami perubahan. Termasuk dengan keberadaan media massa cetak seperti majalah dan koran. Meski sempat diakui mengalami penurunan akibat adanya media digital, tetapi masih banyak diminati.

Pengertian Media Massa

Melansir dari IPL.org, media massa adalah media komunikasi dalam menjangkau sebagian besar orang di seluruh dunia dalam sekejap, untuk menerima informasi. Media massa dibedakan menjadi media cetak, media penyiaran, dan media digital.

Media massa mengacu pada teknologi media dalam menyebarkan informasi. Lalu, mengomunikasikan berbagai pesan melalui televisi (TV), iklan, film, radio, internet, majalah, hingga surat kabar. Bahkan saat ini, tanpa disadari sebenarnya Anda kerap memanfaatkan media massa dengan berlangganan layanan streaming, seperti Netflix, Viu, Hulu, dan Amazon Prime Video, berita di TV dan radio, serta artikel di media daring.

Berikut ini lima karakteristik media massa yang diklasifikasikan oleh John Thompson dari Universitas Cambridge, seperti dikutip dari IPL:

1. Memengaruhi Masyarakat

Media massa dapat membentuk opini seseorang. Hal ini yang dimaksud sebagai karakteristik dari media massa.

2. Komunikasi Satu Arah

Salah satu ciri utama media massa ialah arusnya cukup mengalir ke satu arah, yakni dari sumber material langsung ke konsumen. Publik mampu mendengarkan atau membaca informasi, tapi tidak bisa memberikan tanggapan secara langsung. Umumnya hanya bisa bereaksi kepada program radio dan televisi melalui pesan teks, email, telepon, pesan di media sosial atau WhatApp.=

3. Menjangkau Berbagai Kalangan

Karakteristik media massa yang mampu menjangkau khalayak yang luas. Dalam satu siaran berita, terkadang dari berbagai usia, keyakinan agama, kecenderungan politik, dan beragam profesi akan mendengarkan informasi tersebut.

Jenis orang yang mendengarkan program radio, menonton stasiun televisi atau membaca berita. Pihak rumah media tidak bisa menentukan, semua kembali pada para penonton, seperti mencegah anak-anak mengunjungi situs dewasa.

4. Menjangkau Audiens dengan Luas

Karakteristik dari media massa selanjutnya ialah mampu menjangkau sejumlah besar khalayak dalam waktu yang bersamaan. Contoh mudahnya, saat disiarkan secara langsung pertandingan sepak bola.

Tayangan tersebut mampu menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Jutaan orang di setiap kalangan, dapat mendengarkan pragram radio. Oleh sebab itu, media massa punya basis khalayak yang sangat besar.

5. Penonton yang Tersebar

Selain menjangkau banyak orang, karakteristik media massa adalah kelompok sasaran dari rumah media tersebar di seluruh penjuru dunia. Seperti informasi atau tayangan dari Korea, bisa dinikmati oleh penduduk di Indonesia. Dengan kata lain, penonton tersebar di wilayah geografis yang luas.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox