Home   Blog    Jurnalisme  Media Sosial
Menulis

  Monday, 04 December 2023 11:50 WIB

Jenis-jenis Penulisan Kehumasan yang Fungsional

Author   Digital Marketing

Ilustrasi humas

Seorang humas memiliki tugas utama yaitu manajemen komunikasi suatu organisasi atau kelompok dengan berbagai pihak. Mulai dari pihak internal yang terdiri dari atasan dengan para karyawannya hingga pihak eksternal yang terdiri dari publik, media massa, stakeholder dan pihak luar lain lewat penulisan kehumasan.

Salah satu cara manajemen komunikasi ialah dengan publikasi melalui penulisan. Secara umum, humas dikenal dengan produk tulisannya yang berbentuk siaran pers atau press release. Seperti halnya jurnalis, ada beberapa jenis penulisan kehumasan yang sangat berguna, antara lain:

  1. Siaran Pers

Siaran pers menjadi salah satu jenis penulisan kehumasan yang paling dikenal dan populer. Seorang humas harus bisa membuat jenis naskah penulisan ini. Tujuan siaran pers dibuat adalah sebagai pernyataan resmi sebuah perusahaan/instansi/organisasi terhadap informasi yang berkaitan menyangkut namanya dan sedang menjadi sorotan publik. Selain itu, siaran pers juga dibuat untuk memberikan informasi terbaru kepada publik. 

Teknis penulisan siaran pers tidak jauh berbeda dengan penulisan berita straight news. Bedanya adalah informasi yang disampaikan diambil dari satu angle, yakni angle dari perusahaan/instansi/organisasi. Sedangkan untuk susunannya, siaran pers juga bisa menggunakan konsep piramida terbalik, dan biasanya memakai bahasa yang kaku.

  1. Buletin

Buletin menjadi salah satu produk penulisan kehumasan yang diproduksi secara berkala dan isinya lebih beragam. Isi buletin biasanya tulisan feature yang berkaitan dengan citra baik perusahaan. Terkadang, buletin ini juga diisi dengan kolom iklan untuk menambah penghasilan, walaupun biasanya produk yang diiklankan adalah produk-produk afiliasi dengan mitra.

  1. Corporate Messaging

Untuk menjalankan strategi komunikasi, sebuah perusahaan sebaiknya menggunakan corporate messaging. Ini adalah cara berkomunikasi perusahaan dengan konsumen dan stakeholder, sehingga lebih intimate dibandingkan siaran pers atau buletin. Corporate messaging bisa dikirimkan lewat email untuk menjaga hubungan baik.

  1. Media Script

Penulisan kehumasan selanjutnya yang wajib diketahui ialah media script. Penulisan ini digunakan untuk mendukung atasan dalam menyampaikan informasi terkait perusahaan di media. Misalnya content plan untuk perencanaan media sosial, naskah pidato atasan, dan naskah-naskah yang berkaitan dengan media. 

  1. Artikel Advertorial

Jenis penulisan kehumasan yang terakhir adalah artikel advertorial. Jenis artikel ini biasanya digunakan untuk mempromosikan perusahaan. Umumnya, artikel ini akan terpajang di media-media mainstream, setelah melalui proses negosiasi. Tidak hanya kemampuan menulis yang dibutuhkan seorang humas untuk membuat artikel advertorial, tapi juga kemampuan negosiasi dengan media. 

Selain kelima jenis penulisan kehumasan di atas, masih ada banyak jenis penulisan dalam kehumasan seiring berkembangnya dunia media dan komunikasi. Untuk itu, seorang humas dituntut untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan mengembangkan kemampuan. 

Kamu juga bisa belajar tentang kehumasan bareng TI di Kelas Manajemen Krisis di sini👇🏻 Jangan lupa daftar, ya!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox