// //
Home   Blog  
Jurnalisme

  Wednesday, 20 October 2021 17:52 WIB

Jack Kerouac dan Pemberontakannya

Author   Digital Marketing

Jack Kerouac (yang kanan) bersama temannya, Neal Cascady - Photo by NY Times

Asal Usul Generasi Beat

Generasi Beat merupakan generasi yang berisi pergerakan literatur dan kebudayaan baru setelah Perang Dunia II, tepatnya di era 1950-an di Amerika Serikat. Tidak banyak jumlah generasi ini, tetapi pengaruh dan status budaya mereka lebih terlihat dibanding kompetitor estetik lainnya.

“Pemberontakan” ini terbentuk karena keresahan mahasiswa setelah Perang Dunia. Mereka melihat banyak materialisme di kehidupan masyarakat. Lalu, jawaban ini datang lewat Generasi Beat. Generasi Beat melihat kapitalisme sebagai perusak semangat manusia dan bertentangan dengan kesetaraan sosial.

Gerakan ini dibentuk oleh mahasiswa-mahasiswa yang memang merasakan keresahan tadi. Salah satunya adalah Jack Kerouac. Ia menginisiasi generasi ini bersama temannya, Allen Ginsberg dan William Seward Burroughs, yang nantinya menjadi inti dari awal generasi ini. Anggota-anggota lainnya juga menyusul, antara lain Lucien Carr, John Clellon Holmes, dan Neal Cassidy.

Bukan hanya inisiator Generasi Beat, ia juga salah satu penulis terpenting pada abad ke-20. Banyak karya hebat yang dihasilkannya sejak kanak-kanak. Di umur sebelas tahun, ia menulis novel Mike Explores the Merrimack yang mengingatkan pada novel Mark Twain berjudul The Adventures of Huckleberry Finn. Nah, sejak itu ia sudah memantapkan diri untuk hanya ingin jadi penulis selama hidupnya.

Kontribusi Jack Keroauc dalam Generasi Beat

Semua bermula di saat ia hanya bisa berbicara bahasa Prancis karena dibesarkan dalam keluarga keturunan Prancis. Ia mulai belajar bahasa Inggris dan melanjutkan sekolahnya  di Lowell High School dan Horace Mann School. Ia mendapatkan beberapa beasiswa karena jago main american football

Sejak ia menjadi mahasiswa di Columbia University, ia memulai banyak hal, salah satunya menginisiasi Generasi Beat sejak awal 1940-an meskipun Generasi Beat mulai dikenal di era 1950-an. 

Sejak awal 1950, ia mulai mengeluarkan karya-karya masyhurnya. Dari situlah Generasi Beat juga dimulai. Ia mengeluarkan novel pertamanya The Town and the City yang penjualannya kurang, tetapi mendapatkan beberapa ulasan rekognisi yang menghormati karyanya. 

Salah satu karya terkenalnya adalah On the Road yang dirilis dan dipublikasi pada 1957 yang terinspirasi dari kecintaannya terhadap traveling. Novel itu terinspirasi dari petualangannya menjelajah Amerika Serikat yang ditemani sahabatnya, Dean Moriarty. 

Ia pun menikmati hidupnya bersama para pencetus anggota Generasi Beat. Ia aktif menghasilkan beberapa karya selama 1950 hingga akhir 1960. Ia meninggal karena penyakit yang disebabkan konsumsi alkohol. Ia meninggal pada pagi hari 20 Oktober 1969 saat bekerja di toko milik ayahnya.

Setelah Jack meninggal, Generasi Beat pun menghilang cukup cepat. Namun, ada fakta unik di saat Generasi Beat mulai menghilang, yaitu munculnya Generasi Hippie yang terinspirasi dari Generasi Beat.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox
// //