// //
Home   Blog    Kiat  Media Sosial
Menulis

  Thursday, 06 January 2022 17:41 WIB

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam SEO

Author   Digital Marketing

Ilustrasi SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah hal yang wajib dilakukan untuk meningkatkan lalu lintas ke website Anda. Tentunya, hal ini dilakukan agar website Anda selalu menjadi peringkat pertama dalam sebuah pencarian di Google. Sudah banyak cara dilakukan agar sebuah website selalu menjadi peringkat pertama, tetapi ada hal-hal yang harus diperhatikan saat ini.

Hal ini karena Google selalu memperbaiki algoritma dalam mesin pencariannya. User experience dan user engagement menjadi dua hal yang diperhatikan oleh Google. Jadi, trik SEO yang pernah menjadi senjata agar website Anda menjadi peringkat pertama, sekarang mungkin berubah karena kurang relevan lagi. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

1. Solusi yang Relevan dalam Konten

Setiap orang yang menggunakan Google atau mesin pencarian lainnya, mereka selalu mencari sebuah solusi untuk masalah mereka. Sebagai penyedia informasi, konten yang Anda buat dalam website wajib menyediakan solusi yang relevan. Hal ini pun bisa membangun lalu lintas website yang lebih ramai nantinya. Misalnya, jika Anda memperhatikan orang kerap bertanya, “Apa itu toxic?”, maka Anda akan menyediakan artikel yang membahas masalah ini dengan kata kunci pertanyaan tersebut.

2. Bahasa dan Alur yang Alami

SEO sering dinomorsatukan tanpa melihat aspek bahasa dalam informasi yang disampaikan. Hal ini pun tidak bisa berlaku lagi untuk Google saat ini. Google sudah bisa mendeteksi website mana yang berisi informasi sampah dan bermanfaat.

Maka dari itu, gunakan bahasa dan alur yang alami agar pengunjung mudah memahami sehingga mereka suka dengan website Anda nantinya.

3. Segmentasi Halaman

Konten-konten yang bermanfaat dalam website harus ditempatkan di tempat yang mudah dilihat pembaca. Hal ini penting agar website Anda memberikan kenyamanan untuk para pengunjung atau pembaca.

Penggunaan footer dan sidebar harus dihindari untuk konten yang penting. Tata letak pun harus diperhatikan dalam menempatkan bagian website, seperti header, footer, sidebar, dan lain-lain.

4. Struktur Konten

SEO sangat mudah dilakukan jika konten Anda memiliki struktur yang baik. Hal ini jangan sampai diabaikan atau dianggap remeh. Website yang baik memiliki struktur, antara lain judul, pendahuluan, dan kesimpulan.

5. Riset Kata Kunci

Kata kunci adalah hal krusial dalam optimalisasi SEO. Meskipun kata kunci tidak cukup kuat membangun sebuah konten, konten yang bagus selalu dimulai dari kata kunci yang baik.

Kata kunci yang baik bisa diketahui lewat Google Keyword Planner untuk mengetahui target, popularitas, dan persaingan kata kunci tersebut.

Lima hal tadi wajib diperhatikan oleh para SEO specialist. Hal ini berguna untuk meningkatkan lalu lintas website yang lebih ramai. Selamat mencoba!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox