Home   Blog  
Kiat

  Wednesday, 19 May 2021 05:38 WIB

Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus, Bantu Kinerja Lebih Produktif

Author   Tempo Institute

Photo by Brad Neathery on Unsplash

Selain membutuhkan tenaga, tubuh manusia juga membutuhkan konsentrasi dan fokus saat mengerjakan sesuatu. Apabila konsentrasi terganggu, pekerjaan yang sedang dikerjakan hasilnya kurang maksimal. Dilansir dari laman Healthline, ada beberapa faktor yang mempengaruhi konsentrasi dan fokus, seperti faktor usia, kurang istirahat, hingga masalah kesehatan mental. 

Semakin menua usia kita, kinerja tubuh juga akan menua, sehingga tingkat konsentrasi dan fokus juga akan menurun. Begitu pula ketika tubuh kurang istirahat, otak juga akan ikut lelah dan konsentrasi akan sulit didapat. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, terlebih saat bekerja. Kunci utamanya ialah jangan terlalu memaksakan diri dan menjaga pola hidup sehat. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara meningkatkan konsentrasi dan fokus saat bekerja agar lebih produktif.

Jangan Memaksakan Diri dan Berhenti Sejenak

Ketika Anda sedang bekerja dan tidak bisa berkonsentrasi, coba tarik napas panjang dan hembuskan perlahan. Berhentilah sejenak dan jangan memaksakan diri. Jika memaksakan diri untuk terus mengerjakan, bisa jadi hasilnya akan kurang memuaskan dan justru meningkatkan stres.

Cobalah untuk berjalan-jalan keluar sebentar, atau sekadar mengalihkan pandangan ke luar jendela. Pikirkan hal-hal lain yang menyenangkan, seperti “Makan apa hari ini?”, “Menonton film apa hari ini?” Setelah merasa lebih tenang dan tekanan berkurang, Anda bisa kembali melanjutkan pekerjaan.

Mendengarkan Musik atau Menonton Film

Sudah bukan rahasia lagi kalau musik dapat mengurangi stres. Ternyata, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan konsentrasi. Musik yang dianggap dapat meningkatkan konsentrasi tidak melulu musik populer atau disenangi saja, tapi bisa juga memutar suara alam, atau musik klasik. Memutar musik instrumental juga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Selain mendengarkan musik sambil bekerja, Anda juga bisa berhenti sejenak dan mencari hiburan lain, seperti menonton film. Tidak hanya dapat menghibur, menonton film juga dapat membuat Anda menemukan hal baru yang membangkitkan semangat. 

Istirahat yang Cukup dan Jangan Terlalu Memikirkan Banyak Hal

Istirahat yang cukup sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. Tubuh yang kurang istirahat cenderung lebih cepat lelah dan gagal fokus. Jika ingin konsentrasi saat bekerja tetap baik, penuhi kebutuhan istirahat tubuh. 

Tak hanya istirahat yang cukup, untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus, cobalah untuk mengurangi berpikir mengenai banyak hal. Melansir dari laman Very Well Mind, multitasking justru dalam mengurangi tingkat fokus, karena perhatian terbagi ke banyak hal, sehingga tidak semua pekerjaan dapat dilakukan secara maksimal. 

Olahraga dan Meditasi

Dalam upaya meningkatkan konsentrasi dan fokus, kebugaran fisik dan mental akan sangat berpengaruh. Seperti kata pepatah, “Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.” Jika tubuh bugar dan kondisi mental sehat, konsentrasi dan fokus bukanlah hal yang sulit didapat.

Untuk mendapatkan kebugaran tubuh dan mental, Anda bisa memulainya dengan rutin berolahraga ringan. Seperti jogging, bersepeda atau hanya sekadar jalan santai. Ditambah dengan latihan meditasi, akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan sehat. 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox