Home   Blog  
Media Sosial

  Tuesday, 11 April 2023 11:17 WIB

Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Author   Digital Marketing

Ilustrasi kecanduan media sosial

Kebutuhan akses media sosial berbeda tiap individu, ada yang kurang dari rata-rata tersebut, bahkan ada yang melebihi. Selama masih ada kontrol dari diri sendiri, pemakaian media sosial akan aman. Tetapi, jika kontrol itu hilang, maka akan menyebabkan kecanduan media sosial. Melansir dari laman Healthline, meski belum ada diagnosa resmi soal kecanduan media sosial, tapi penggunaannya yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan.

Dalam artikel Healthline yang berjudul Social Media Addiction, menyebut jika media sosial memiliki efek signifikan pada otak manusia yang berkaitan dengan sinyal dopamine. Sinyal ini akan memberikan kesenangan sementara. Jika sinyal ini hilang, tubuh akan meresponnya dengan kembali ke sumber, dalam kasus ini, media sosial. Apabila sudah kecanduan, ada banyak dampak yang diperoleh, seperti kecemasan, depresi, merasa kesepian, pola tidur terganggu, hingga gangguan kecemasan sosial.

Untuk mencegah dampak buruk tersebut, ada beberapa cara mengatasi kecanduan bermain media sosial yang bisa dilakukan, di antaranya:

  1. Sadar Diri

Cara mengatasi kecanduan bermain media sosial yang pertama ialah kesadaran. Ini penting, karena tanpa kesadaran kalau sudah kecanduan, maka mengatasinya pun akan sulit. Perbanyak bacaan tentang bahaya kecanduan media sosial dan peka terhadap kondisi tubuh. Jika merasa waktu habis hanya untuk bermain media sosial, tubuh tidak banyak bergerak, dan kadang lalai karena selalu menatap gawa, maka Anda perlu menyadari itu terlebih dahulu.

  1. Mengukuhkan Niat dan Berkomitmen 

Setelah menyadari jika mengalami kecanduan bermain media sosial, dan ingin lepas dari kecanduan itu, cara yang harus dilakukan ialah mengukuhkan niat dan berkomitmen pada diri sendiri. Tanpa niat dan komitmen, kecanduan bisa kambuh, bahkan lebih parah. Oleh karena itu, kukuhkan niat dan berkomitmenlah, jika mengalami kesulitan, jangan ragu untuk mendapatkan bantuan dari profesional.

  1. Menghapus Media Sosial Penyebab Kecanduan

Cara mengatasi kecanduan bermain media sosial selanjutnya adalah aksi nyata dengan menghapus media sosial yang menyebabkan kecanduan. Jika terlalu sulit, Anda bisa memulai dengan mematikan notifikasi media sosial dan beri batasan waktu penggunaan. Menghapus media sosial bisa membantu mengurangi ketergantungan, tapi akan membuat Anda kebingungan di awal penghapusan, karena tidak ada lagi yang bisa dimainkan di gawai.

  1. Menyisihkan Waktu Tanpa Smartphone

Jika sudah menghapus media sosial dan mulai merasa bingung apa yang harus dilakukan, coba sisihkan waktu tanpa gawai atau smartphone. Misalnya menghindari gawai sewaktu bekerja, istirahat makan siang, menjelang tidur dan waktu mengobrol dengan teman. Upayakan untuk tidak fokus pada gawai dan cari kesibukan lain.

  1. Melakukan Hobi Baru

Mencari kesibukan baru, bisa diawali dengan mencoba hal-hal baru dan memulai hobi baru yang tidak melibatkan gawai. Anda bisa memulainya dengan kegiatan fisik, misalnya berolahraga, berenang, atau kegiatan yang menunjang motorik seperti melukis dan membuat kerajinan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan tanpa bantuan gawai. Terpenting dalam cara mengatasi kecanduan bermain media sosial adalah dengan mengalihkan fokus dan mencari pemicu sinyal dopamine lain. 

Apabila masih mengalami kesulitan mengendalikan diri bermain media sosial, jangan ragu untuk mendapatkan bantuan dari profesional.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox