Home   Blog  
Kiat

  Sunday, 26 December 2021 10:43 WIB

Memahami Passion dan Cara Menemukannya

Author   Tempo Institute

Ilustrasi orang yang passion

Passion adalah sesuatu yang samar bagi sebagian orang, terutama kaitannya dengan jalan karier mereka. Passion berarti hasrat, hasrat untuk menyukai sesuatu. Tak sedikit pula orang yang percaya kekuatan passion untuk melakukan pekerjaan tertentu.

Orang yang berpegang teguh pada kenyataan atau realistis, tidak ingin menempatkan passion sebagai jalur karier mereka. Sebaliknya, bagi orang yang percaya kekuatan passion, ia akan memanfaatkan bara api tersebut sebagai penunjuk jalur karier mereka. Singkatnya mereka memilih bekerja sesuai dengan passion mereka.

Namun, passion bukan hanya sekadar sesuatu yang kita sukai. Karena setiap orang memiliki lebih dari satu hal yang mereka sukai. Ambil contoh jika seseorang menyukai permainan sepak bola, wisata kuliner, dan menonton film. Apakah lantas ketiganya menjadi passion? Jawabannya adalah tidak.

Perjalanan menemukan passion itu, merupakan perjalanan yang penuh tantangan. Menemukan passion tidak berarti bahwa Anda akan langsung masuk ke pekerjaan yang sempurna, dan bahwa hidup Anda tiba-tiba menjadi lancar, tidak tertekan, dan dekat dengan kesuksesan. Menemukan passion berarti menemukan jenis pekerjaan yang begitu berarti atau sangat menyenangkan sehingga Anda bersedia untuk mengatasi rasa frustrasi yang biasa terjadi pada setiap pekerjaan.

Memahami Passion

Passion berbeda dengan hobi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, segala hal yang disukai belum tentu itu adalah passion Anda. Ketika melakukan sesuatu pada tingkat sedang seperti memasak, berkebun, menyanyi di kamar mandi, dan lainnya, itu bisa disebut hobi.

Namun ketika Anda mengalokasikan waktu, tenaga, dan pikiran secara habis-habisan pada sesuatu, sampai mendekati sebuah obsesi, itu bisa disebut passion. Menjadi bergairah tentang sesuatu berarti menghadapi badai tidak peduli seberapa sulitnya itu. Jika berlatih berjam-jam pada gitar membuat kulit jari-jari iritasi atau mengeras, atau menghabiskan waktu untuk menulis berhari-hari dan berjam-jam tanpa teralihkan, itulah passion.

Setidaknya satu hal yang bisa disepakati semua orang tentang passion adalah bahwa itu terkait erat dengan dorongan, antusiasme, energi tanpa batas, motivasi, dorongan, dll. Orang yang passionate hampir selalu ambisius. Mereka ingin memiliki suara di bidang yang mereka sukai. Mereka membacanya, mempelajarinya, menerimanya dan tidak pernah benar-benar melarikan diri darinya. 

Berjuang untuk passion Anda berarti menjadi berbeda dari yang lain. Passion memberikan Anda alasan untuk bangun dan melakukan kegiatan itu, seberapa sulit dan menantang apapun itu bagi sebagian orang.

Cara Menemukan Passion

Menemukan passion mungkin akan lebih sulit bagi sebagian orang. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Mengubah Perspektif

Jika Anda masih memiliki pemikiran tentang betapa tidak realistis untuk menjalani passion, jadi mengapa repot-repot mengusahakannya, maka Anda sedang mempersiapkan diri untuk gagal. Mengutip dari laman Tony Robbins, ubah pola pikir ke salah satu kepositifan dan kemungkinan. Bersikaplah terbuka terhadap petualangan yang akan dialami. 

2. Menemukan Kebutuhan Utama

Menurut pakar psikologi kepemimpinan Tony Robbins, manusia memiliki Enam Kebutuhan di antaranya yakni kepastian, signifikansi, variasi, cinta/hubungan, pertumbuhan dan kontribusi. Hidup didasarkan dari keseimbangan tercapainya kebutuhan-kebutuhan tersebut. Dan masing-masing dari kita memiliki kebutuhan paling utama di antara salah satunya untuk kebahagiaan kita. 

Menemukan kekuatan pendorong utama ini dapat memberi petunjuk bagaimana menemukan passion. Yakni, dengan menunjukkan kepada apa yang paling di butuhkan untuk merasa terpenuhi.

3. Cermati Apa yang Disukai

Cobalah untuk merenung dan memikirkan tentang apa yang Anda suka lakukan sebagai seorang anak, misalnya saja menggambar, menulis, menari. Tanyakan pada diri sendiri: Apa yang Anda suka bicarakan? Apa yang Anda suka ajarkan kepada orang lain? Ini semua adalah petunjuk tentang bagaimana menemukan passion hidup Anda.

4. Perhatikan di Mana dan Bagaimana Anda Menghabiskan Waktu Luang

Hobi tidak selalu sama dengan passion yang sebenarnya, tetapi mereka dapat memberikan petunjuk. Jika senang menonton film, membuat rekaman video pendek dan mengeditnya, membangun sebuah cerita, mungkin passion Anda melibatkan berkarya dalam seni visual dan pembangunan kisah. Pikirkan lebih dalam tentang kegiatan yang menghabiskan waktu Anda sehari-hari dengan sukarela.

5. Kenali Pola Keseharian

Otak manusia menyukai pola. Terkadang ini adalah hal yang buruk, karena kita terjebak dalam kebiasaan yang tidak sehat

Namun pola jangka panjang juga dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana menemukan passion hidup seseorang. Tertarik pada penulis, pembicara, atau pebisnis tertentu bisa berarti mereka menginspirasi Anda. Pola bukanlah kebetulan, itu adalah cara alam bawah sadar kita berkomunikasi dengan kita.

6. Membayangkan Duduk di Kursi Goyang

Ini adalah tips sederhana dari Tony Robbins, namun bisa jadi ampuh bagi sebagian orang. Bayangkan Anda sudah pensiun dan telah lanjut usia, duduk di teras di sebuah kursi goyang dengan segala kemampuan fisik yang sudah menurun. Mungkin Anda akan mulai terkenang, apa penyesalan terbesar saya? Apa yang Anda harap Anda alami? Gairah apa yang Anda harap Anda ikuti? Bagaimana Anda ingin dikenang?

7.  Pikirkan Sesuatu yang Ditakuti

Cara sederhana lain untuk menemukan passion adalah dengan berpikir sejenak untuk berhenti dari pekerjaan sekarang untuk misalnya saja menulis, menjadi pengusaha restoran, bertani di desa, apakah pikiran itu membuat Anda cemas dan menakutkan namun itu hal yang diinginkan?

Jika Anda merasakan kegembiraan dan ketakutan  sekaligus, itu pertanda ia merupakan passion Anda. Saatnya berhenti membiarkan rasa takut itu menahan Anda.

8. Menjadi Tidak Masuk Akal

Kedengarannya seperti menjebak, tetapi seringnya passion ditemukan di bidang yang tidak masuk akal. Passion tidak rasional. Mereka sering kali secara langsung bertentangan dengan apa yang masyarakat ajarkan kepada kita: mendapatkan gelar, mendapatkan pekerjaan kantor yang membosankan, tahan dengan perjalanan panjang dan hanya bersenang-senang di akhir pekan. 

Itu sebabnya penting untuk mendengarkan hati alih-alih keyakinan yang membatasi. Potong kata “tidak realistis” dari kamus hidup Anda. Biarkan diri  bermimpi besar, inilah harga sebuah passion, dan tentu ini tidak akan pernah menjadi mudah.

9. Keluar dari Zona Nyaman

Anda harus keluar dari zona nyaman dan mencari pengalaman baru. Ambil kelas. Bergabunglah dengan olahraga. Cari lingkaran pertemanan yang baru. Teliti sesuatu yang menurut Anda selalu menarik. Hiduplah dan temukan passion Anda, dimulai dari mengakhiri zona nyaman Anda.

10. Percayalah pada Diri Anda

Terkadang rasa rendah diri menutupi potensi dan passion yang ada di depan mata. Percayailah diri sendiri, maka Anda akan bisa melihat seberapa dekat Anda bisa menemukannya. Namun menemukan passion itu terkadang menjadi tekanan, jadi berjalanlah pelan-pelan, dan tetap lakukan sesuatu yang membuat hari-hari Anda penuh energi.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox