Home   Blog  
Kiat

  Tuesday, 18 April 2023 12:20 WIB

Cara Gampang Mengatur Keuangan Setelah Lebaran

Author   Digital Marketing

Ilustrasi keuangan

Semarak Idulfitri masih begitu terasa. Tidak hanya soal berkumpul bersama keluarga dan sanak keluarga, urusan keuangan saat lebaran tak kalah pentingnya. Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu yang ditunggu para karyawan. Tunjangan tersebut biasa dibelanjakan untuk membeli pakaian baru, camilan untuk menjamu tamu hingga salam tempel untuk saudara. Karena kebutuhan hari raya yang banyak, terkadang membuat kita kewalahan dalam mengatur keuangan.

  1. Mengevaluasi Keuangan Selama Ramadan dan Lebaran

Cara mengatur keuangan setelah lebaran ialah dengan melakukan evaluasi. Buat catatan pengeluaran apa saja yang sudah dikeluarkan selama ramadan dan lebaran. Melansir dari laman First State Community Bank, melacak pengeluaran adalah cara untuk mengetahui celah mana saja yang bisa diperbaiki. Misalnya selama lebaran Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli camilan dan makanan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Maka dengan evaluasi, Anda bisa mengantisipasi pengeluaran di lebaran mendatang, dengan menghemat di bagian camilan.

  1. Membuat Rencana Keuangan Baru

Setelah melakukan evaluasi dan mendapatkan celah mana saja yang harus diperbaiki, Anda bisa membuat rencana keuangan baru. Cara mengatur keuangan setelah lebaran ini sangat penting, karena berkaitan dengan kondisi finansial bulan selanjutnya. Catat berapa sisa uang yang dimiliki, baik yang tunai maupun non tunai. Setelah itu, susun rencana, mulai dari kebutuhan hingga keinginan. Buatlah perencanaan yang realistis, agar pengeluaran tidak lebih besar dari penghasilan.

  1. Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Dari rencana keuangan baru tersebut, Anda bisa memilah kembali mana pengeluaran yang tidak perlu. Agar kondisi finansial tetap aman bahkan setelah lebaran, Anda perlu menyaring pengeluaran. Buat skala prioritas, agar keinginan yang tidak terlalu genting, bisa ditunda terlebih dahulu. Cara mengatur keuangan setelah lebaran ini perlu diterapkan di kondisi finansial yang aman sekalipun. Terkadang, memiliki banyak uang dalam waktu sekejap, seperti THR, membuat keinginan untuk berbelanja sulit dikendalikan. Oleh karena itu, perlu melakukan perencanaan yang matang dan melakukan penyaringan keperluan yang tidak diperlukan.

  1. Membayar Tagihan Terlebih Dulu

Cara mengatur keuangan setelah lebaran selanjutnya ialah dengan mengutamakan membayar tagihan terlebih dahulu. Tips ini juga berlaku untuk mengatur uang bulanan, agar uang yang dimiliki sudah tidak terikat kewajiban yang harus dibayar. Dengan begitu, Anda bisa lebih bebas menggunakan uang yang dimiliki.

  1. Menabung dan Berinvestasi

Terakhir yang tak kalah penting dalam mengatur keuangan adalah menabung. Menyisihkan uang untuk tabungan sangat penting, begitu juga saat lebaran. THR yang didapatkan bisa disisakan untuk ditabung. Jika ada uang lebih, sangat disarankan untuk memulai investasi, agar uang yang disimpan tidak ‘berhenti’ begitu saja. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan untung jika investasi berjalan dengan baik. Tetapi, untuk memulai investasi, Anda harus mempelajari strategi yang tepat agar tidak merugi.

Cara mengatur keuangan setelah lebaran di atas juga bisa diterapkan dalam mengatur keuangan bulanan. First State Community Bank menyebut, pengelolaan keuangan yang baik dapat menjadi pondasi yang kokoh bagi kondisi finansial seseorang. Dengan pondasi yang sudah kokoh, tidak akan banyak masalah yang harus ditanggung ketika menghadapi krisis atau masalah ekonomi lain. Oleh sebab itu, kelola keuangan Anda dengan baik, tidak hanya menjelang lebaran saja. 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox