Home   Blog    Jurnalisme
Pelatihan

  Friday, 24 February 2023 13:45 WIB

BI Umumkan Pemenang Kompetisi Jurnalistik 2023

Author   Digital Marketing

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti (tengah) bersama perwakilan pemenang Kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2023 dan para pejabat Pemprov dan Kantor Perwakilan BI, Senin, 20 Februari 2023. Dari kiri ke kanan: Nurholis Huda (Jurnalis Banjarmasin Post), N. Royam Naimi (Pimpinan Redaksi Banjarmasin Post), Wahyu Pratomo (Kepala Perwakilan BI Kalsel), Noorhayati (Perwakilan Bunda PAUD Kalsel), Destry Damayanti (DGS BI), Nurliani Dardie (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kalsel), Adhi Nugroho (Kepala Unit Kehumasan Kantor Perwakilan BI Kalsel), dan Muhamad Muslim (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel) (Sumber: Dokumentasi BI).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kalimantan Selatan pada hari ini, Senin, 20 Februari 2023, mengumumkan pemenang Kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2023. Pengumuman tersebut dibacakan oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo.

Lewat kata sambutannya, Wahyu menyebutkan bahwa kompetisi yang dimulai sejak 13 Januari hingga 6 Februari 2023 tersebut berhasil mengumpulkan 388 karya tulis dari jurnalis se-Kalimantan Selatan. Mayoritas atau sebanyak 260 karya tulis di antaranya berasal dari media elektronik dan 28 karya tulis dari media cetak.

Dalam kompetisi ini, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Tempo Institute. Tempo Institute di sini berperan sebagai Dewan Juri yang menilai seluruh karya tulis peserta. “Sehingga kualitas dan objektivitas hasil kompetisi dapat terjaga,” tutur Wahyu.

Adapun tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Kalimantan Selatan”.

Panitia juga menentukan lima subtema yang dapat dipilih peserta. Lima subtema itu meliputi  sinergi pengendalian inflasi, pengembangan pariwisata, pengembangan UMKM, transisi ekonomi hijau, dan ekonomi digital.

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, yang turut hadir dalam acara tersebut menyambut baik seluruh rangkaian proses pelaksanaan kompetisi ini. “Lewat kompetisi ini, Bank Indonesia ingin mengapresiasi kerja keras dan peran penting para awak media yang telah membantu mengomunikasikan pesan kebijakan Bank Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah,” ujarnya.

Ia berharap, Bank Indonesia di masa mendatang akan terus menjalin sinergi dan relasi yang baik dengan media guna memperkuat efektivitas komunikasi kebijakan Bank Indonesia. Di akhir acara Destry didaulat untuk menyerahkan hadiah bagi para pemenang kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2023 tersebut.

Berikut daftar pemenang Kompetisi Karya Tulis Jurnalistik 2023.

Pemenang Kategori Media Cetak:

  • Juara Harapan II: Afdiannoor Rahmanta (Barito Post), dengan karya tulis berjudul “Pemberdayaan UMKM dan Tekan Inflasi, Dukung Penanggulangan Kemiskinan dan Kesenjangan.”
  • Juara Harapan I: Raudah Anisya (Radar Banjarmasin), dengan karya tulis berjudul “Operasi Pasar Efektif Redam Inflasi.”
  • Juara III: Sunarti (Kalimantan Post), dengan karya tulis berjudul “Kaum Perempuan Ikut Berkontribusi Bangun Daerah.”
  • Juara II: Nurholis Huda (Banjarmasin Post), dengan karya tulis berjudul “Kiprah Hebitren Binaan Bank Indonesia Perwakilan Kalsel.”
  • Juara I: Jumarto Yulianus (Kompas), dengan karya tulis berjudul “Kampung Ketupat Bertransformasi dari Tradisional ke Digital.”

Pemenang Kategori Media Elektronik:

  • Juara Harapan II: Arianto (kalsel.antaranews.com), dengan karya tulis berjudul “Usaha Kulit Lumpia Mampu Bertahan Saat Pandemi.”
  • Juara Harapan I: Akhmad Faisal (jejakrekam.com), dengan karya tulis berjudul “Tak Perlu Repot Mencari Uang Kembalian, Cukup Pindai Kode QRIS ‘Pentol Asiek’ Sudah Bisa Dinikmati.”
  • Juara III: Olpah Sari (economictravelling.com), dengan karya tulis berjudul “Serasa di Paris, Menara Eiffel di Kebun Petani Kotabaru.”
  • Juara II: Jumarto Yulianus (kompas.id), dengan karya tulis berjudul “Meredam Inflasi Sejak Dini di Tahun Tak Prediksi.”
  • Juara I: Diananta Putra Sumedi (banjarhits.com), dengan karya tulis berjudul “Untung Tersebab Cabai Rawit Hiyung.”

Pemenang Apresiasi Khusus:

  • Peserta Teraktif Kategori Media Cetak: Nurholis Huda, dengan total submisi 17 karya tulis.
  • Peserta Teraktif Kategori Media Elektronik: Mahfuz, dengan total submisi 49 karya tulis.
  • Media Cetak Teraktif: Banjarmasin Post, dengan total submisi 17 karya tulis. Media Elektronik Teraktif: Media Center Kalsel Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, dengan total submisi 49 karya tulis.
Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox