// //
Home   Blog    Pelatihan  Dapur Tempo
Menulis

  Thursday, 23 June 2022 11:16 WIB

BI Tingkatkan Skill Komunikasi Ambassador-nya

Author   Tempo Institute

Pelatihan Penulisan Bersama Bank Indonesia di Labuan Bajo pada Juni 2022

Bank Indonesia (BI) sebagai salah satu lembaga utama dalam perekonomian Indonesia menyadari arti penting berkomunikasi yang baik dengan segenap pemangku kepentingannya. Oleh karena itu, BI memiliki sejumlah pegawai yang didapuk sebagai Ambasador Media Sosial dan Ambasador Penulis dengan tugas utama sebagai pembawa suara BI ke hadapan publik.

Pelatihan secara berkala dilakukan untuk menyempurnakan kualitas komunikasi para ambassador atau pun pegawai lainnya. Dalam rangka meningkatkan kualitas komunikasi dalam beropini itulah BI menggaet Tempo Institute untuk menggelar pelatihan menulis tingkat lanjut pada 8-10 Juni 2022 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Pelatihan yang dihadiri oleh 29 pegawai Bank Indonesia ini digawangi oleh lima narasumber dari Tempo Institute. 

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis Ambasador karena mereka adalah perpanjangan tangan BI khususnya ke publik lewat tulisan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk reward untuk pegawai yang sudah bersedia untuk menjadi Ambassador Internal BI.

Pelatihan ini dibagi dalam dua hari materi pada hari pertama dan kedua, serta ditutup dengan acara outbond sekaligus berdiskusi secara terbuka dengan para Ambassador. Kegiatan ini dibuka oleh GBI/ADG Bidang 6, Bapak Doni P. Joewono.

Hari pertama diisi dengan pelatihan menulis tentang lanjut. Para peserta mulai diajari cara mengembangkan ide dan angle dalam menulis sebuah artikel kolom opini. Tidak lupa juga, argumentasi yang kuat diajari juga untuk menambah bumbu dalam artikel opini yang dibuat.

Hari kedua, pelatihan lebih diisi dengan banyak praktik. Materi yang sudah didapat pada hari pertama mulai dipraktikkan dalam penulisan. Para peserta pun mulai menulis opini dengan syarat dan ketentuan yang sudah diketahui pada hari pertama. Lalu, presentasi hasil karya tulisan opini dilakukan sebagai penutup pada pelatihan hari kedua.

Pada hari ketiga (hari terakhir pelatihan), ada penguatan program Ambassador Penulis BI dalam bentuk diskusi. Kegiatan ini dilakukan untuk menguatkan kompetensi para Ambassador Penulis BI.

Pelatihan in-house yang dilakukan BI dan Tempo Institute berjalan sangat menyenangkan. Setelah pandemi mulai mereda, pelatihan luring, seperti ini sangat bermanfaat untuk para pegawai agar mereka tetap bisa bonding dengan teman-temannya. 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox