Home   Blog  
Pelatihan

  Thursday, 15 September 2022 16:55 WIB

Berlatih Menulis Policy Brief Itu Penting

Author   Tempo Institute

kaitlyn-baker-vZJdYl5JVXY-unsplash-800x533

Policy brief merupakan dokumen yang berisi kebijakan alternatif untuk menyelesaikan sebuah masalah atau rangkaian tindakan profesional dalam kebijakan tersebut. Maka dari itu, policy brief harus dibuat dengan benar dan tepat sasaran.

Hal inilah menyadarkan Indonesia NGO Forum for Indonesia Development (INFID) untuk membuat policy brief agar Indonesia lebih berprogres dalam perkembangannya. Untuk itu, mereka menggaet Tempo Institute untuk berlatih membuat policy brief.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan Menulis Policy Brief pun dilaksanakan pada 16 Agustus 2022 berjalan dan berjalan lancar. Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang peserta bertempat di Aston TB Simatupang, Jakarta.

Peserta juga diajari oleh banyak ahli berpengalaman, seperti Uksu Suhardi dan Philipus Parera. Para mentor bahkan memberikan wejangan yang bermanfaat untuk para peserta agar mereka mahir dalam menghasilkan policy brief yang keren.

“Mendorong pengambil kebijakan memahami masalah dan mengambil keputusan dengan lebih cepat,” ujar Philipus Parera ketika membuka pelatihan.

Uksu Suhardi, Redaktur Bahasa Tempo, mengatakan bahwa kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan satu kesatuan pikiran dan perasaan.

Materi belajar Menulis Policy Brief bisa diterima dengan baik oleh peserta dan proses mentoring pun demikian. Selama mentoring, mentor memberikan saran perbaikan secara langsung. Pada akhir mentoring, mentor pendamping memilih satu peserta untuk presentasikan hasil tulisan policy brief masing-masing kelompoknya.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox