Home   Blog    Pelatihan
Pengembangan Diri

  Saturday, 16 July 2022 19:34 WIB

Belajar Menulis Kreatif dan Komunikasi Efektif

Author   Tempo Institute

tempo8

Menulis kreatif bisa membangun sebuah komunikasi efektif. Hal ini menjadi perhatian Bank Indonesia dalam mengembangkan potensi pegawainya dalam memberikan informasi kepada khalayak nantinya.

Salah satu medium untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat adalah siaran pers. Siaran pers (press release) ini dibuat oleh humas suatu instansi. Tentunya, pembuatannya harus tepat agar informasi penting tersampaikan dengan baik.

Maka dari itu, Bank Indonesia Medan menggandeng Tempo Institute untuk belajar penulisan siaran pers dan artikel internal. Pembelajaran yang dilakukan berbentuk pelatihan untuk para pegawai Bank Indonesia Medan.

Pelatihan ini dilaksanakan pada Senin-Selasa, 4-5 Juli 2022 di Medan dengan sistem hybrid. Pelatihan ini dilaksanakan di dalam hotel yang berisi para pegawai Bank Indonesia Medan dan pengajar dari Tempo Institute.

Pelatihan ini bertujuan untuk beberapa hal, antara lain peserta memahami prinsip umum penulisan siaran pers dan artikel internal seperti bagaimana menentukan angle tulisan, membuat judul yang menarik dan lead tulisan untuk pembaca, sebagaimana kaidah jurnalistik yang berlaku, peserta memahami teknik penulisan siaran pers dan artikel internal, dan peserta mampu membumikan istilah teknis dalam kalimat yang lebih mudah dipahami.

Sistem pengajaran yang dilakukan berupa pematerian di sesi-sesi awal, lalu ada latihan di akhirnya untuk melihat kompetensi peserta dalam memahami materi-materi yang sudah disampaikan.

Sesi pertama pelatihan ini berupa pelatihan prinsip dasar artikel dan siaran pers di mata media bersama Mitra Tarigan. Materi ini bertujuan untuk membentuk pikiran fundamental dalam membuat siaran pers nantinya. Jadi, apa pun bentuk siaran persnya, hal-hal fundamentalnya tidak akan terlewatkan.

Sesi selanjutnya, pelatihan berupa teknik membuat tulisan bersama Susandijani dan teknik menulis siaran pers bersama Rini Kustiani. Setelah sesi ini, ada sesi brainstorming penulisan bersama para pengajar tadi yang berpengalaman.

Pelatihan ini ditutup dengan presentasi tugas yang sudah dibuat oleh para peserta dan evaluasi bersama pengajar. Tentunya, pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan baru untuk para pegawai Bank Indonesia dalam membuat siaran pers dan artikel informasi nantinya.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox