Home   Blog    Jurnalisme  Media
Media Massa

  Wednesday, 24 August 2022 14:22 WIB

Apa sih Maunya Audiens Media?

Author   Tempo Institute

1-5-800x533

Bagaimana sih menentukan siapa audiens kita. Semua pengelola media meyakini pentingnya mengetahui audiens, tapi seringkali juga hal ini dilupakan saat membuat berita. “Kita sering kali saat menulis berita tidak peduli siapa sih pembaca kita,” kata Devi Asmarani, pemimpin redaksi sekaligus salah satu pendiri Magdalene di hari ketiga pelatihan offline Independent Media Accelerator, 24 Agustus 2022.

Devi kemudian membagikan membagikan sejumlah tips untuk mengetahui audiens melalui audience research. Selain hal-hal mendasar seperti demografi, ada satu tips sederhana yang Devi pakai untuk mengenali pembaca. Ia membuat satu kalimat yang dikosongkan beberapa katanya dan kemudian diisi sesuai dengan kebutuhan pembaca.

Kalimat itu adalah: “Sebagai seorang … saya ingin/butuh … agar …” Titik-titik di kalimat itu bisa diisi berbeda untuk setiap media, tergantung siapa audiens mereka. Dari situ para pembuat konten atau penulis bisa membayangkan siapa dan apa kebutuhan audiens mereka.

Sebagaimana diketahui, IMA adalah program akselerasi untuk media komunitas. Setidaknya ada tiga bidang utama yang menjadi fokus pada program ini, yaitu kualitas jurnalisme, transformasi digital, dan model bisnis. Ada 20 media dari seluruh Indonesia yang mengikuti pelatihan ini. 

Di hari terakhir ini para peserta diminta mengumpulkan proposal kegiatan yang sudah dipertajam dengan bantuan para mentor. Proposal ini nantinya akan diperas menjadi lima media yang berhak mengikuti fellowship untuk menjalankan program dengan dukungan dana dan mentor.

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox