// //
Home   Blog    Kiat  Pelatihan
Pengembangan Diri

  Sunday, 16 January 2022 17:58 WIB

Aktif Berorganisasi untuk Mengembangkan Karakter

Author   Digital Marketing

Ilustrasi aktif berorganisasi

Membangun karakter sejak dini itu penting. David Horsager dari The Trust Edge mengatakan jika membangun karakter itu tidak mudah. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah terus berlatih. Latihan-latihan itu bisa diperoleh dengan cara aktif berorganisasi untuk mengembangkan karakter yang dimiliki.

Untuk memperoleh itu, Anda bisa mengikuti berbagai komunitas atau klub, dan bisa juga aktif dalam berorganisasi. Tidak hanya mengikuti organisasi atau ekstrakulikuler di sekolah atau kampus, mengembangkan karakter juga bisa dilakukan dengan mengikuti komunitas-komunitas umum.

Karakter yang baik sangat diperlukan bagi seorang individu, baik untuk dirinya sendiri maupun saat bersosialisasi. Dengan karakter yang menyenangkan, akan memudahkan Anda untuk bercengkerama dengan orang lain, juga memudahkan urusan di sekolah atau saat bekerja. Melansir dari laman Achieve Centre for Leadership, mengembangkan karakter dimulai dengan fokus pada nilai yang dianut. Apabila seorang individu sudah memegang teguh nilai tersebut, maka karakter juga akan bertumbuh.

Mengikuti organisasi/komunitas/klub bisa menjadi jalan menemukan nilai itu sehingga mampu mengembangkannya menjadi karakter yang baik. Berikut beberapa manfaat aktif berorganisasi untuk mengembangkan karakter:

1. Meningkatkan Kemampuan dan Kepekaan Sosial

Manusia terlahir sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Itulah penting untuk melatih diri untuk bersosialisasi. Kemampuan sosial penting untuk mengembangkan karakter, rasa simpati dan empati. Dengan mengikuti berbagai kegiatan sosial seperti organisasi atau komunitas, maka akan memudahkan Anda berlatih bersosialisasi, juga berlatih bagaimana berhadapan dengan orang lain.

Jika aktif melakukan kegiatan ini, maka kepekaan terhadap lingkungan sosial jadi terasah. Individu yang aktif melakukan kegiatan sosial, lebih tanggap terhadap kondisi sosial di lingkungannya. Sehingga, ia mampu menjadi penggerak, atau bahkan pemimpin di lingkungan tersebut.

2. Menambah Jejaring

Satu manfaat aktif berorganisasi yang terpenting ialah menambah jejaring baru. Dengan jejaring yang luas, maka akan akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan masalah. Memiliki banyak kenalan lewat organisasi atau komunitas, sangat menguntungkan. Terlebih jika Anda mempu menjaga hubungan baik dengan jejaring Anda.

Bertemu banyak orang baru akan membuat sudut pandang Anda menjadi lebih terbuka dan luas. Anda memiliki banyak referensi ketika menghadapi sebuah masalah. Poin ini penting dalam mengembangkan karakter seseorang.

3. Manajemen Konflik

Dalam berorganisasi sangat wajar jika menjumpai konflik. Bisa konflik internal atau eksternal, yang harus dihadapi. Dengan menghadapi konflik ini, setiap anggota akan dituntut untuk mencari solusi terbaik. Melalui proses itu, setiap anggota harus bersikap rendah hati dan tidak saling menyalahkan. Horsager menyebutkan menjadi rendah hati adalah awal dari kebijaksanaan yang baik untuk membangun karakter.

4. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Manfaat aktif berorganisasi selanjutnya ialah mampu melatih jiwa kepemimpinan. Kemampuan memimpin memang tidak dimiliki semua orang, namun dapat dilatih. Salah satu caranya dengan aktif dalam berorganisasi, yang mana di dalamnya dibutuhkan peran seorang pemimpin. Umumnya, seorang dengan jiwa kepemimpinan yang baik, dapat terlihat dari karakter dan sikapnya.

Setelah yakin, Anda bisa bergabung dan memulai petualangan baru di lingkungan baru. Tidak ada yang salah dengan mengikuti sebuah organisasi/komunitas/klub, tergantung bagaimana Anda memposisikan diri dan apa tujuan Anda. Jika mengikuti organisasi/komunitas/klub hanya untuk pamer, tanpa tahu visi, misi, dan program mereka, sama saja Anda menjebakkan diri dalam penjara dan bisa saja membuat Anda terpuruk. Bukannya berhasil mengembangkan karakter, Anda hanya akan mendapatkan beban.

Mantapkan tujuan mengikuti organisasi adalah untuk mengembangkan diri agar menjadi manusia yang lebih baik.

Selamat berorganisasi!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox