// //
Home   Blog    Kiat  Menulis
Pengembangan Diri

  Wednesday, 17 November 2021 14:08 WIB

5 Cara Penting Menentukan Judul Artikel yang Menarik

Author   Tempo Institute

Ilustrasi sebuah judul

Hampir di setiap karya, dalam bentuk apapun, judul itu penting. Dalam karya seni misalnya, setiap seniman akan memilih judul yang sesuai dengan karyanya. Begitu pula penulis, entah itu penulis esai, berita, atau artikel, judul tak kalah penting dari isi tulisan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), judul memiliki arti tajuk, kepala karangan, nama yang dipakai untuk buku atau bab dalam buku yang dapat menyiratkan secara pendek isi atau maksud buku atau bab itu.

Tanpa judul, sebuah tulisan akan terasa hambar dan tidak menarik. Judul menjadi garda terdepan dalam sebuah tulisan. Keberadaannya membantu pembaca untuk menentukan, akan menginvestasikan waktunya untuk membaca tulisan itu atau tidak. Jadi tak heran, jika semakin banyak konten yang menampilkan judul sensasional hanya untuk menarik minat pembaca.

Karena peran vitalnya, cara menentukan judul artikel yang menarik menjadi tantangan tersendiri bagi penulis dan editor. Ada banyak cara dilakukan para penulis, misalnya saja memilih judul dari awal memulai tulisan, ada juga penulis yang menemukan inspirasi judul di tengah kerja menulis, bahkan ada yang baru menemukan ide ketika tulisan selesai. Namun, kapan waktu yang tepat untuk memilih judul tidak serta merta dapat dijadikan patokan, karena setiap penulis memiliki triknya masing-masing.

Bagi Anda yang kerap mengalami kesulitan dalam memilih dan menentukan judul, berikut ada beberapa tips cara menentukan judul artikel yang menarik.

1. Mencakup Pikiran Pokok dalam Tulisan

Melansir dari laman Springer, judul yang efektif harus mencakup pikiran pokok tulisan. Sebelum membuat judul, penulis harus memahami terlebih dahulu topik dan pikiran pokok dari tulisan yang ditulis. Judul yang baik, adalah judul yang mampu menjelaskan topik dalam tulisan dengan baik, walau hanya dalam beberapa kata.

Untuk menentukan pokok pikiran dalam tulisan, ambillah kata kunci atau keyword. Misalnya, dalam tulisan kesehatan bertema bahaya merokok bagi kesehatan. Penulis bisa mengambil kata kunci ‘merokok’ lalu menggabungkannya dengan topik lain dalam tulisan, seperti ‘memperpendek usia’. Jika digabungkan dalam judul menjadi, ‘Merokok dalam Memperpendek Usia, Bagaimana Bisa?’

2. Diksi yang Tepat

Sebagai garda terdepan dalam sebuah tulisan, menarik tentu menjadi syarat utama. Cara menentukan judul artikel yang menarik ini harus dibarengi dengan kekayaan kosakata dan pemilihan diksi yang tepat. Dengan kosakata yang beragam dan diksi yang pas, akan membuat judul tulisan menjadi lebih indah dan menarik. Memperkaya kosakata dan diksi bukan hal yang sulit bagi penulis yang gemar membaca, terlebih karya sastra.

Dalam karya sastra, ada diksi-diksi indah dengan kosakata yang lebih beragam dibanding dengan karya ilmiah yang cenderung kaku. Jadi, cara terbaik untuk memperkaya kosakata dan menghasilkan diksi yang tepat, adalah dengan banyak membaca, terutama karya sastra.

3. Membuat Pembaca Penasaran

Ciri judul yang baik dan efektif selanjutnya ialah berhasil membuat pembaca penasaran. Cara menentukan judul artikel ini tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Tidak hanya memancing rasa penasaran pembaca dengan diksi menawan, penulis juga bisa membuat judul dalam bentuk kalimat tanya atau kalimat seru, sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, penulis membuat tulisan mengenai pandemi Covid-19 di Indonesia. Agar pembaca terpancing, penulis bisa membuat judul, “Kapan Pandemi Covid-19 di Indonesia Berakhir?”

4. Tidak Terlalu Panjang

Bagi sebagian orang, tulisan yang terlalu panjang itu tidak menarik. Jika ada judul yang terlalu panjang, pembaca membutuhkan waktu lebih untuk membacanya. Roy Youngman dalam artikelnya di BRM Institute yang berjudul The Critical Importance of Title and Leads in Our Writing, memberikan tips cara menentukan judul artikel yang menarik, di antaranya membuat judul yang tidak terlalu panjang. Youngman menyebut, lebih sedikit kata akan lebih baik.

Jika tulisan memang membutuhkan judul yang panjang, penulis harus memperhatikan pemilihan kata. Tentukan kata kunci dalam tulisan yang harus diletakkan di judul, dan usahakan tidak lebih dari 14 kata.

5. Tidak Bertele-tele dan Mudah Dipahami

Cara menentukan judul artikel yang menarik selanjutnya ialah tidak bertele-tele dan mudah dipahami. Judul yang terlalu panjang namun tidak mewakili tulisan, justru akan mengurangi minat baca. Judul yang bertele-tele biasanya berawal dari penulis yang kurang memahami maksud dari tulisannya sendiri. Dari judulnya saja sudah bikin pusing dan sulit dipahami, bagaimana dengan isinya? Mungkin itu yang dipikirkan pembaca, sehingga enggan menginvestasikan waktunya untuk membaca.

Memilih judul yang menarik memang penting, tetapi jangan melupakan bagian terpenting dalam menulis, yakni esensi dari tulisan. Percuma jika judul menarik, tapi ketika dibaca isinya justru mengecewakan.

Selamat memilih judul yang menarik!

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox
// //