Home   Blog  
Kiat

  Tuesday, 22 June 2021 04:11 WIB

4 Jenis Tanaman Ini Bisa Bikin Rileks, Tak Sekadar Pemanis Ruang Kerja

Author   Tempo Institute

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Bekerja di dalam ruangan dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan rasa bosan dan suntuk. Agar rasa bosan dan suntuk tidak berkepanjangan, Anda bisa meluangkan waktu untuk rehat dengan berjalan-jalan keluar. Namun, apa jadinya jika kondisi dan situasi tidak mendukung untuk berjalan-jalan keluar? Rasa bosan dan suntuk akan terus menumpuk, hingga dapat memicu stres.

Ada banyak cara untuk meredakan rasa bosan dan suntuk berada di dalam ruangan, salah satunya dengan mendekor ulang. Buat ruangan kerja Anda senyaman mungkin. Anda juga bisa menambahkan tanaman, agar ruangan terlihat lebih hidup dan dapat membuat tubuh rileks di tengah suntuknya pekerjaan yang menumpuk. 

Dilansir dari laman Very Well Mind, keindahan alam seperti halnya tanaman hias, dapat meredakan stres dan membuat tubuh rileks. Selain itu, menanam tanaman tertentu di dalam ruangan, juga baik untuk sirkulasi udara. Tetapi, tidak semua jenis tanaman dapat ditanam di dalam ruangan. Berikut beberapa tanaman yang dapat membuat Anda merasa rileks meskipun sedang berada di dalam ruangan dan di tengah kepungan deadline:

Chamomile

Sudah bukan rahasia lagi, kalau jenis tanaman satu ini memang memiliki khasiat sebagai aromaterapi. Bahkan, tanaman dengan nama latin Matricaria chamomilla ini, sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak zaman Mesir Kuno. Para biksu di abad pertengahan juga memanfaatkan chamomile ini untuk mengatasi masalah depresi.

Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 24 inci dengan lebar separuhnya. Ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat chamomile cocok jadi tanaman hias yang bisa ditanam di dekat jendela kamar. Selain dengan wujudnya yang cantik, jenis tanaman ini sangat cocok dijadikan campuran teh. Kandungan dalam bunga chamomile ini sangat baik untuk meredakan stres dan ketegangan. 

Lavender

Selain memiliki warna ungu yang cantik, lavender memiliki sejuta manfaat. Aromanya yang segar dipercaya mampu memberikan efek relaksasi, jadi tak heran kalau banyak orang menggunakan lavender sebagai aromaterapi. Tak hanya itu, minyak bunga lavender juga dapat meredakan rematik, sakit punggung dan mencegah gigitan nyamuk.

Anda bisa menanam bunga lavender di dalam rumah dengan menggunakan pot. Letakkan lavender di sudut dekat meja kerja atau tempat tidur. Jika Anda merasa suntuk, mendekatlah ke bunga lavender dan hirup aromanya. Tidak hanya tubuh yang akan merasa rileks, tapi juga mata yang kembali cerah setelah melihat cantiknya pemilik nama latin Lavandula angustifolia ini. 

Melati

Ada lagi tanaman yang bisa membuat tubuh jadi lebih rileks. Jenis tanaman ini sudah tak asing lagi di Indonesia. Aromanya yang khas dan warnanya yang cantik, membuat melati begitu diminati. Bukan hanya dijadikan sebagai tanaman untuk memperindah kebun saja, tanaman yang masih termasuk dalam keluarga zaitun ini memiliki manfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Dari bunga, daun hingga akarnya, bisa dimanfaatkan sebagai obat. 

Bunga melati yang mengeluarkan aroma khas ini, biasanya digunakan sebagai bahan campuran pengharum di kosmetik dan bisa menjadi campuran di teh. Untuk mendapatkan banyak manfaat itu, Anda bisa menanam sendiri bunga melati di dekat jendela kamar atau di dalam ruangan. Aroma yang dikeluarkan bunga melati, dapat memberikan efek menenangkan. 

Krisan

Bukan hanya melati yang mudah ditemui di Indonesia. Bunga krisan juga sangat familiar dan mudah ditemui. Di balik warnanya yang cantik, ternyata jenis tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Berbeda dengan jenis tanaman sebelumnya, krisan memiliki banyak warna. Ada krisan yang berwarna ungu hingga putih.

Tak hanya mampu mempercantik ruangan, bunga ini juga menyimpan banyak manfaat, salah satunya memberikan efek aromaterapi. Bunga dengan nama lain Chrysanthemum ini biasa dimanfaatkan dan diolah menjadi teh. Ekstrak bunga ini juga mampu memberikan efek rileks, mengobati pilek, sakit kepala, dan pusing. 

Cara menanam jenis tanaman ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan pot beserta media tanam. Jangan lupa menyiramnya secara rutin dan letakkan di tempat dengan sinar matahari yang cukup. Ketika merasa bosan dan suntuk, Anda bisa menghampiri bunga atau sekadar melihatnya saja, maka rasa suntuk akan berkurang. 

Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox