Home   Blog  
Media

  Saturday, 06 August 2022 12:49 WIB

20 Media Terpilih Mengikuti Program Akselerasi

Author   Tempo Institute

WhatsApp-Image-2022-08-06-at-12.22.53-PM-800x800

Pada 4 Agustus lalu, panitia Independent Media Accelerator (IMA) menetapkan 20 media yang berhak mengikuti pelatihan akselerasi media selama dua minggu. Keduapuluh media tersebut dipilih dari 164 media yang mendaftar sejak 12 Juli hingga ditutup pada 25 Juli 2022.

Para juri yang mewakili Tempo Institute, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) memutuskan berdasarkan sejumlah pertimbangan, mulai dari kelengkapan administrasi, penilaian media, hingga kualitas proposal.

Kelengkapan administrasi diperlukan untuk memastikan organisasi media tersebut, meski kami tidak mengharuskan adanya kelengkapan badan hukum, mengingat sejumlah media mewakili komunitas kecil.

Ada pun penilaian media di antaranya didasarkan pada apakah mereka mewakili komunitas atau kawasan tertentu, kekhasan tema yang diusung, keunikan cara penyampaian, termasuk konsistensi redaksi dalam memproduksi berita.

Setelah itu kami melihat kualitas proposal yang mereka ajukan. Proposal proyek ini penting, karena usulan inilah yang akan dikerjakan selama masa fellowship, jika mereka terpilih. 

Proposal harus menggambarkan problem yang ingin diselesaikan, bentuk aktivitas yang tepat, bingkai waktu yang baik, dan anggaran yang masuk akal. 

Dari ketiga penilaian itu kami mampu memeras peserta  menjadi daftar yang lebih pendek, tapi masih terlalu panjang dari jatah maksimum peserta, 20 media. Perdebatan dan diskusi panjang terjadi setelahnya, karena masing-masing media memiliki keunggulan. 

Bagaimana pun juga panitia harus memilih dan menetapkan 20 peserta untuk mengikuti program IMA 2022. Keputusan panitia ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. 

Selamat kepada 20 peserta yang terpilih, karena IMA adalah kesempatan bagi kita untuk melakukan lompatan besar.

Untuk media yang belum terpilih, kami berharap dapat mengikuti IMA atau fellowship berikutnya.

Berikut daftar peserta IMA 2022:

DitolakRedaktur.comWartaBromo.com
SisiBaik.idJurnalisKomik.com
BaleBengong.idLanggam.id
Trimurti.idKonsentris.id
BandungBergerak.idInsideLombok.id
SpeakerKampung.netSerat.id
KediriPedia.comDigData.id
Solider.idBarta1.com
ZonaSultra.idLekasura.com
BojonegoroTV.comTrustTV.id
Baca juga : Badan Siber dan Sandi Negara Akan Gandeng BIN, TNI, Polri

Bagikan
WordPress Image Lightbox